Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 06 Juli 2014

Pulau Sumba Dapat Proyek Green Prosperity Dari Amerika

Wakil Menteri PPN/Wakil Kepala Bappenas, Dr. Lukita Dinarsyah Tuwo menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) pelaksanaan proyek kemakmuran hijau (green prosperity) untuk provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT)
Jakarta - Gubernur Nusa Tenggara Timur Drs.Frans Lebu Raya menghadiri penandatanganan Nota kesepahaman (MoU)  green prosperity project (Proyek Kemakmuran Hijau) yang ditandatangani oleh Wakil Menteri PPN RI, Lukita Dinarsyah Tuo pada Jumad 25 April 2014,bertempat di Museum Perumusan Proklamasi, Jakarta Pusat.
 
Menurut Lukita Dinarsyah Tuo Pada tahun 2014 lewat Millenium Challenge Account (MCA) Indonesia, mengumumkan 12 kabupaten sebagai calon mitra bagi implementasi Green Prosperity Project atau Proyek Kemakmuran Hijau yang didanai Amerika Serikat (AS).

Kesepuluh kabupaten tersebut tersebar di enam provinsi, masing-masing, Propinsi Nusa Tenggara Timur yang terbagi di empat Kabupaten yaitu  Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sumba Barat Daya. berikutnya Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur di Provinsi Jambi, Kabupaten Solok Selatan di Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Malinau dan Kabupaten Berau di Propinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Kapuas Hulu di Propinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur di Propinsi Nusa Tenggara Barat.

"Tujuan dari program sendiri adalah untuk mengurangi kemiskinan dengan mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkesinambungan, ujar Lukita. Dia mengharapkan pemerintah daerah harus bisa menjalankan program sesuai denga komitmen.

Proyek kemakmuran hijau itu merupakan proyek utama, karenanya dalam program tersebut akan menyediakan bantuan hibah dan pendanaan komersial untuk mendukung pengembangan ekonomi dengan jumlah dana hibah compact sebesar US$ 332,5 juta, separuh dari dari total dana hibah yang mencapai US$ 600 juta.

Proyek kemakmuran hijau ini terbagi dalam dua tema yaitu, energi terbarukan, yang mencakup pembangkit listrik skala kecil (kurang dari 10 megawatt) yang bersumber dari tenaga air, limbah pertanian-perkebunan, biogas dan tenaga surya, Skema kedua adalah penggunaan lahan dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, yang mencakup pertanian, kehutanan, perikanan dan pengelolaan daerah aliran sungai.

Selain gubernur NTT tampak Bupati Sumba Barat Jubilete Pieter Pandango, Bupati Sumba Timur Gideon Mbiliyora, Bupati Sumba Tengah  Umbu Sappi Pateduk dan Plt. Bupati Sumba Barat Daya Umbu Zaza turut  menandatangani Mou tersebut bersama beberapa Bupati dari daerah lainnya.

Sumber: inspirasibangsa
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD