Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 21 Juli 2014

Nggunggi Alat Musik Khas Sumba Yang Hampir Punah


Salah satu alat musik tiup yang hampir punah di Sumba

Setiap daerah memiliki Musik tradisional namun seiring perkembangan jaman, ada musik tradisional yang berkembang, tetapi ada pula yang punah begitu saja.  Di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur ada beberapa alat musik yang hampir punah diantaranya Nggunggi


Alat musik kuriding dari Banjar yang mirip Nggungi dari Sumba
Nggunggi adalah merupakan peninggalan histories dari kegiatan berkesenian nenek moyang dimasa silam. Alat musuk ini ini merupakan salah satu contoh mengenai local genius Dari leluhur

Nggunggi menurut beberapa literatur, sejak dahulu (sekitar abad ke-19 an) sudah ada di Sumba. Instrument yang dalam organologi dikenal dengan sebutan Jew’s harp ini memang hampir tersebar diseluruh nusantara.

Nggunggi adalah sejenis harmonika dari bambu. Nggunggi biasa dimainkan untuk mengundang arwah leluhur agar hadir pada seremoni menanam di ladang. Sampai dengan tahun 1960-an, nggunggi juga digunakan pemuda untuk menyatakan cinta dan meminang gadis

Diindonesia alat musik ini banyak sekali ragamnya mulai dari aceh hingga papua, tapi tidak semua daerah memiliki alat musik jenis ini.  Masyarakat Suku Banjar di kalimantan misalnya menyebut alat ini  dengan nama kuriding, di Bali namanya genggong sedangkan di Papua menyebutnya pikon, dan Timor namanya knobe oh.

Selain nggungi dari bambu ada juga alat musik tiup yang terbuat dari kayu dan mulai hilang di Sumba dan namanya berbeda-beda di setiap suku di Sumba.

Alat musik tiup dari Sumba yang masuk kategori musik Jew's Harp
Alat musik ini juga dalam organologi dikenal dengan sebutan Jew’s harp. bentuknya sendiri menyerupai kepalada kuda dan sudah ada sejak abad ke 19. alat musik seperti ini sudah sangat jarang ditemui di Sumba sekarang ini.

Alat musik ini tergolong unik karena tidak semua negara di dunia memiliki alat musik tersebut. di Indonesia pun tidak semua propinsi memilikinya.

Penyebaran alat musik Jew's Harp di Dunia
Alat musik tersebut ukurannya  10 x 5 x 3 cm dengan berat 36 gram. Dulunya biasa dimainkan pada acara atau ritual adat marapu.

Keberadaan alat musik unik dari sumba ini tentunya akan punah jika tidak terus diperkenalkan kepada generasi muda.


*Diambil dari berbagai sumber
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD