Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 02 April 2014

Waspada, Sumba, NTT Kena Dampak Tsunami Chile

JAKARTA-Badan Nasional Penanggulangan Bencana memasukkan Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) termasuk daerah yang terkena gelombang tsunami yang melanda Chile. Akibat gempa bumi berkekuatan 8 skala richter. dampak tsunami itu dirasakan DI Indonesia pada Kamis 3 April 2014.
 
Setidaknya ada 115 lokasi di kabupaten dan kota dari 19 provinsi di Indonesia akan berpotensi terjadi tsunami. “Tinggi tsunami 0-0,5 meter,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Rabu (2/4/2014).

Menurut data di http://data.bmkg.go.id, wilayah  Sumba Bagian Timur berstatus WASPADA dengan Estimasiwaktu stunami tiba 08:31:48 WIB atau 09:31:48 WITA Tanggal 3 April 2014.
Sementara itu wilayah Sumba Bagian Barat juga berstatus WASPADA 08:49:03 WIB Atau 09:49:03 WITA Tanggal 3 April 2014.
lihat Wilayah yang berpotensi tsunami akibat gempa Chile.

Pada Rabu hari ini, (2/04/2014) gempa Cile  sudah menimbulkan gelombang tsunami setinggi 1,92 meter di wilayah pesisir Cile, Peru, Ekuador, Kolombia, Panama, Kosta Rika, dan Nikaragua.
Gelombang tsunami tersebut, diperkirakan sampai di Indonesia kali pertama di Provinsi Papua, yakni pada Kamis (3/4/2014) pukul 05.11 subuh, waktu Indonesia bagian barat

Setelah Papua, secara beruntun tsunami bakal melanda sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Bali. Selanjutnya, tsunami juga akan melanda sejumlah daerah pesisir Sulawesi, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Barat.

 “Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) di BMKG telah mengeluarkan peringatan dini tsunami yang akan melanda beberapa wilayah di Indonesia. Peringatan dikeluarkan berdasarkan analisis penjalaran tsunami,” ungkap Sutopo.

Kepala BNPB, Syamsul Maarif, telah memerintahkan agar peringatan dini tersebut disampaikan kepada masyarakat dan BPBD. Masyarakat dihimbau tetap tenang dan selalu waspada. Belum perlu ada pengungsian.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD