Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 25 April 2014

Wajah Baru Akan Hiasi DPRD SBD, Hanya 9 Incumbent yang Lolos

 
Tambolaka - Sebagian besar calon anggota legislatif (caleg) incumbent (caleg yang saat ini masih duduk di DPRD Sumba Barat Daya/SBD) tidak lolos. Data hasil perolehan suara parpol/caleg dalam Pemilu 9 April 2014 yang sudah ditetapkan KPU Kabupaten SBD, diketahui hanya sembilan caleg incumbent yang  meraih suara terbanyak sehingga akan menjadi anggota DPRD SBD periode 2014-2019
 
Anggota DPRD SBD yang kembali menjadi caleg pada Pileg 9 April 2014 sebanyak 28 orang dari 29 orang anggota DPRD SBD (anggota DPRD SBD priode 2009-2014 sebanyak 30 orang, satu orang diantaranya sudah meninggal dunia). Dari 28 orang anggota DPRD SBD yang kembali menjadi caleg, hanya sembilan orang yang dipastikan lolos  kembali menempati kursi DPRD Kabupaten SBD, sementara 19 orang lainnya diprediksikan tidak lolos.

Rapat pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten SBD dalam Pemilu Anggota DPD, DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten sudah dilaksanakan KPU SBD di Gedung Serba Guba (GSG) Waitabula, Senin - Selasa (21-22/4/2014).

Rapat pleno dipimpin Ketua KPU SBD, Mateus Ndelo, didampingi anggota komisioner, Abdi Haji Dasing, Yosefina Tanggu Bore, Bernardus Dowe dan Paulus Oembu Rey serta sekretaris KPU SBD, Ignas Dodok.

Hadir ketua dan anggota Panwaslu Kabupaten SBD serta para saksi dari parpol. Rapat dimulai Senin pukul 14.30 Wita dan berakhir Selasa pukul 04.30 Wita.
Tujuh caleg incumbent yang lolos, yaitu Yosep Malo Lende dan Rudolf Randu Holo (PDIP). Malo Lende yang saat ini menjabat Ketua DPRD SBD mendulang 1.672 suara di Dapil SBD 2 (Kecamatan Wewewa Timur, Wewewa Tengah dan Wewewa Utara).

Sedangkan Rudolf Radu Holo mendulang 1.366 suara di Dapil SBD 5 (Kodi Utara).
Dua caleg incumbent dari Partai Golkar yang lolos, yaitu Gerson Tanggu Dedo dan Heribertus Pemudadi. Gerson yang saat ini  Wakil Ketua DPRD SBD meraih 1.859 suara di Dapil SBD 4 (Kodi, Kodi Bangedo dan Kodi Balagar). Sementara Heribertus Pemudadi meraih 944 suara di Dapil SBD 5.

Caleg incumbent dari Partai Demokrat, Oktavianus Holo juga melenggang ke gedung DPRD SBD setelah meraih 1.122 suara di Dapil SBD 4. Anggota DPRD SBD, Martinus Manu Mara yang menjadi caleg dari PAN, juga kembali terpilih setelah mendulang 1.803 suara di Dapil SBD 4.

Melkianus Lende juga kembali terpilih karena mendulang 1.382 suara di Dapil SBD 2. Melkianus dari PKPI. Anggota dewan, Oktavianus Jamanuna kembali terpilih setelah mendulang 2.366 suara di Dapil SBD 4.

Kalau pada Pemilu 2009, Oktavianus menggunakan PPRN, kali ini menjadi caleg dari PPP. David Ramone, anggota dewan dari partai Hanura juga kembali terpilih karena mendulang 1.262 suara di Dapil SBD 4.

Nasib berbeda dialami anggota dewan lainnya, di antaranya Jusuf Malo, Jhon Ngongo Deta (Demokrat), Ama Bika dan Antoneta Kura (Gerindra), Jacob Katoda Keremata (PDIP) serta Soleman Tari Wungo.

Karena perolehan suara mereka sewaktu Pileg tidak signifikan sehingga harus merelakan kursi disabet caleg lainnya. Jusuf Malo yang kini  Wakil Ketua DPRD SBD mendulang 764 suara di Dapil SBD 3 (Wewewa Barat dan Wewewa Selatan). Jacob Katoda Keremata yang juga bertarung di Dapil SBD 3 meraih 508 suara.

Untuk diketahui, pada pemilu 2009, ada 30 kursi DPRD SBD yang diperebutkan. Namun hingga saat ini hanya 29 anggota dewan yang aktif karena seorang anggota dewan meninggal dan saat hendak diproses pergantian antarwaktu, penggantinya juga meninggal dunia sehingga dibiarkan kursinya lowong.

Sementara pada Pileg 2014, KPU mengalokasikan 35 kursi DPRD Kabupaten SBD untuk diperebutkan ratusan caleg. (aca)


Sumber: Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD