Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 08 April 2014

Tentara Ikut Amankan Pemilu di Sumba Barat Daya

Kupang – Pasca insiden pembakaran kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan kediaman Ketua DPRD Sumba Barat Daya, aparat memperketat penjagaan keamanan. Korem 161 Wirasakti Kupang, Nusa Tenggara Timur secara khusus mengirimkan satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) guna membantu mengamankan proses pemilihan umum.
 
"Pasukan diberangkatkan dengan kapal milik TNI Angkatan Laut," kata Komandan Korem 161 Wirasakti Kupang Brigadir Jenderal TNI Achmad Yuliarto kepada wartawan di Kupang, Selasa, 8 April 2014.

Menurut Achmad, selain bertugas menjaga keamanan, TNI juga bakal membantu KPU mendistribusikan logistik pemilu hingga daerah-daerah terpencil di Sumba Barat Daya. "Untuk distribusi logistik, kami masih menunggu permintaan dari penyelenggara pemilu," katanya.

Kendati dilakukan pengerahan pasukan, kondisi keamanan di Sumba Barat Daya dilaporkan kondusif. Pasca pembakaran kantor KPU 28 Maret 2014, Polri juga telah mengirim satu SSK Brimob dari Kelapa Dua, Depok ke Sumba Barat Daya.

Sementara itu, Dosen Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Kombes (Purn) Alfons Loemau mengatakan kekisruhan politik di Sumba Barat Daya masih terkait pemilu kepala daerah (Pilkada) lalu yang diduga dimainkan oleh para elite politik. Namun, dia enggan menyebutkan elite politik yang menjadi aktor kekisruhan di daerah itu. "Ini sebenarnya pertempuran antara elite politik, sehingga rakyat dikorbankan," katanya.

Padahal, menurut dia, sudah jelas bahwa proses pilkada di daerah itu telah dicurangi. Bahkan, KPU setempat dinilai mengirimkan surat palsu ke Mahkamah Konstitusi (MK), dan diputuskan MK sesuai surat palsu itu. "Masalah ini sedang diselidiki oleh Mabes Polri," kata mantan pengajar hukum di akademi kepolisian ini.

Sumber: tempo.co
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD