Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 22 April 2014

Tak Ada Bukti Pelanggaran Pileg di Sumba Barat

Waikabubak - Ketua Panwaslu Sumba Barat, Papi B Ndjurumana, S.Th, mengaku telah menerima banyak laporan dari para calon legislatif dan pengurus partai politik tentang dugaan pelanggaran pemilu legislatif seperti pengurangan suara calon legislatif, pencoblosan oleh KPPS, politik uang, intimidasi oknum untuk memilih calon legislatif tertentu dan berbagai dugaan pelanggaran lainnya.
 
"Sayangnya setelah dilakukan klarifikasi dengan memanggil para pihak bersangkutan,  tidak menemukan pelanggaran, apalagi pengaduan tersebut tidak disertai bukti seperti lembaran C1 dan bukti-bukti lainnya. Karena itu, hingga saat ini, Panwaslu Sumba Barat belum merekomendasikan adanya dugaan pelanggaran pidana pemilu ke Polres Sumba Barat untuk diproses lebih lanjut maupun dugaan pelanggaran administrasi ke KPUD untuk diselesaikannya," ujar Papi di ruang kerjanya, Rabu (16/4/2014).

Hal itu, lanjut Papi, tidak berarti Panwaslu Sumba Barat enggan menindaklanjuti setiap laporan dugaan pelanggaran yang diterima tetapi semua laporan sudah diklarifikasi tetapi tidak menemukan bukti pelanggarannya.

"Namun bila ada laporan dan berindikasi kuat  terjadi pelanggaran pemilu baik secara administrasi maupun pidana akan direkomendasikan untuk diproses hukum selanjutnya," tegas Papi.

Menurutnya, laporan dugaan pelanggaran pemilu legislatif cukup banyak diterimanya. Setiap laporan yang diterima langsung ditindaklanjuti dengan meminta keterangan kepada para pihak bersangkutan. Hasilnya tidak ditemukan pelanggaran, apalagi laporan dugaan pelanggaran pemilu tidak disertai bukti hukum yang kuat.

"Semua laporan telah dibahas dalam rapat bersama kepolisian dan kejaksaan, Selasa (15/4/2014). Dalam pembahasan itu diperoleh keterangan, semua laporan yang ada tidak menunjukkan adanya dugaan pelanggaran pemilu," ujarnya. (pet) 


Sumber: Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD