Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 29 April 2014

Kasus Sepeda Motor di Sumbar Gunakan DAU dan Silpa

Kupang - Bendahara pengeluaran pada Setda Sumba Barat (Sumbar), Yohanis Lende Bulu, mengatakan, pengadaan 158 unit sepeda motor pada Bagian Perlengkapan Setda Sumbar tahun anggaran 2012 menggunakan dua sumber dana. Sumber dana itu berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan dana Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) 2011.
 
Yohanis menyampaikan hal ini ketika diperiksa sebagai saksi dalam kasus pengadaan 158 unit sepeda motor di Pengadilan Tipikor Kupang, Senin (28/4/2014).  Terdakwa dalam kasus ini adalah Fandi Tjiang, Tan Jemmy Tanujaya alias Tan Boen Fang dan Melkizedek Triwaluyo Jati Ara alias Yuyun.

Fandi Tjiang didampingi Penasehat Hukum  Mahfud, S.H, sedangkan Tan Jemmy Tanujaya alias Tan Boen Fang dan Melkizedek Triwaluyo Jati Ara alias Yuyun didampingi John Rihi, S.H, Yacoba Siubelan, S.H dan Paulus Seran Tahu, S.H, M.Hum.

Menjawab pertanyaan majelis hakim, Yohanis mengatakan, pengadaan  158 unit sepeda motor pada bagian perlengkapan Setda Sumbar 2012 menggunakan DAU dan Silpa. Dia mengakui, dalam proyek tersebut, dirinya selaku bendahara pengeluaran pernah membuat surat perintah pembayaran (SPP) sebanyak dua kali, karena ada dua sumber dana yaitu DAU dan Silpa. "SPP yang saya buat itu diajukan ke pejabat pembuat komitmen (PPK) kemudian diteruskan ke Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)," kata Yohanis.

Hakim juga menanyakan dasar pembayaran  kepada rekanan. "Dasar pembayaran apa," tanya majelis hakim. "Saya bayar berdasarkan berita acara dari PPK dan juga didukung oleh bukti kontrak," kata Yohanis.

Tentang besarnya DAU dan Silpa, ia menjelaskan, untuk sumber DAU dengan nilai pagu Rp 534.872.200, sedangkan dari dana Silpa senilai Rp 2.878.392.040 atau Rp 2,8 miliar, sehingga total keseluruhan dana Rp 3.413.264.240 atau Rp 3,4 miliar lebih. Menurut Yohanis, adanya perubahan nominal anggaran, maka jumlah pengadaan sepeda motor juga bertambah sehingga total menjadi 158 unit. (yel)

Sumber: Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD