Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 02 April 2014

DPRD SBD Usulkan Konco Ole Ate, Bukan Urusan KPU NTT

Juru Bicara KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe
Kupang - Sikap Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumba Barat Daya (SBD) untuk mengusulkan dr. Kornelius Kodi Mete - Drs.Daud Lende Umbu Moto (KONco Ole Ate) ke Mendagri melalui Gubernur NTT dan tidak sesuai penegasan usulan dari KPU NTT sudah bukan merupakan urusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT selaku penyelenggara.
 
Juru Bicara KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe, Selasa (1/4/2014) mengatakan,  KPU NTT tidak memberikan komentar terkait sikap DPRD SBD itu.

Menurutnya, KPU NTT hanya berkepentingan memberi penegasan usulan kepada DPRD SBD sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Intinya KPU NTT diperintahkan oleh KPU RI untuk membuat penegasan sesuai putusan MK, dan itu sudah dilakukan. Jadi  tugas KPU selesai meskipun tahapan baru selesai setelah bupati dilantik. Selanjutnya menjadi domain DPRD SBD, Gubernur dan Mendagri," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU NTT atas perintah KPU memberhentikan sementara KPU SBD lantaran tidak bersedia memberikan penegasan usulan calon bupati/wakil bupati SBD terpilih yang telah dikuatkan dengan putusan MK yakni Paket Markus Dairo Talu-Dara Tanggu (MDT-DT).

Setelah memberhentikan KPU SBD, KPU NTT lantas mengambil alih tugas untuk memberikan penegasan usulan kepada DPRD SBD. Namun dalam penyikapannya, DPRD SBD tidak mengindahkan penegasan usulan itu melainkan tetap kukuh mengusulkan Paket Konco Ole Ate.

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumba Barat Daya pada awalnya dimenangkankan oleh  Markus Dairo Talu-Dara Tunggu Kaha (MDT-DT).

Paket Konco Ole Ate kemudian menggugat hasil Pilkada SBD ke Mahkama Konstitusi (MK) dan putusan MK adalah menetapkan paket MDT-DT sebagai pememang.

Namun dalam laporan pidana ke Polres Sumba Barat, ditemukan adanya dugaan penggelembungan suara. Hal ini menyebabkan DPRD SBD menggelar pleno ulang dan menenetapkan paket Konco Ole Ate sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati SBD terpilih.

Sengketa Pilkada ini terus berlarut dan hingga kini tak kunjung selesai.


Sumber: Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD