Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 13 April 2014

Diduga Curang, 1 TPS di Lewa Tidahu Hitung Ulang Suara

Suasana Perhitungan Ulang di Skeretariat PPK lewa Tidahu, Sumba Timur Sabtu (12/4/2014) - (foto: Jo Landi)
Waingapu - Dugaan kecurangan Pemilu 09 April 2014 ditemukan di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Berdasarkan Laporan Kristian Rimang, Anggota PL Panwascam Kecamatan Lewa Tidahu ke Panwas Kabupaten Sumba timur 11/4/2014, bahwa ditemukan adanya Indikasi kecurangan Pemilu untuk suara calon legislatif Provinsi NTT dan DPR RI di TPS 2 Umamanu, Kecamatan Lewa Tidahu, Kabupaten Sumba Timur, NTT

Berdasarkan laporan tersebut Panwas Kab. Sumba Timur  yang telah bekoordinasi dengan pihak terkait diantara KPUD Kab Sumba timur, Pihak Kepolisian, dll melakukan pembukaan ulang Peti/kotak suara dan perhitungan ulang surat suara Sabtu 12 April 2014 di Sekretariat PPK Lewa Tidahu 

Dari perhitungan ulang yang dilakukan oleh KPPS, kecurangan pemilu terbukti dengan ditemukannya selisih perolehan suara antara setiap calon anggota legislativ Provinsi NTT. Perhitungan ulang yang disaksikan oleh PPK, anggota KPU Kab. Sumba timur,  aparat kepolisian, TNI, Panwascam,  Pemerintah Kecamatan, Kepala Desa, saksi dari Parpol, Masyarakat Desa (Umamanu, Bidi Praing, Watumbelar)  menemukan adanya suara calon anggota legislatif yang hilang atau berkurang saat perhitungan di KPPS.

Calon legislatif yag berkurang atau hilang suaranya antara lain Hugo Rehi Kalembu, caleg dari partai Golkar ini saat perhitungan suara di TPS mendapatkan 1 suara, namun dalam rekapan KPPS di buat nol suara. hal yang sama juga tejadi untuk caleg partai Golkar, Pdt. Naftali Njoru,yang 2 suaranya saat perhitungan TPS hilang saat rekapan KPPS.

Caleg dari PDI Perjuangan  Rambu P.L. Samapati bernasib sama karena saat Perhitungan Suara di TPS mendapatkan 2 Suara, namun dalam rekapan KPPS di buat Nol suara. David Melo Wadu, ST dari partai yang sama saat Perhitungan Suara di TPS mendapatkan 20 Suara, di rekapan KPPS suaranya berkurang menjadi 12, suara hal yang sama juga ditemukan untuk beberapa caleg propinsi dari partai lainnya 

Selain terjadi pengurangan, dari perhitungan ulang ditemukan adanya suara calon legislatif yang bertambah diantaranya Umbu Datta Djawa Kori, SH, caleg dari partai Nasdem yang berdasarkan data Panwascam saat perhitungan di TPS 10/4/2014 mendapatkan Perolehan suara 87 orang, namun dalam rekapan KPPS menjadi 124 suara. Setelah dilakukan perhitungan ulang di sekretariat PPK Kecamatan Lewa Tidahu suara yang diperolehnya 87 suara sesuai dengan data perhitungan di TPS. 

Hal yang sama juga ditemukan pada perolehan suara caleg PDI Perjuangan Yunus H. Takandewa, S.Pd yang data perhitungan suara  di TPS mendapatkan 21 Suara, namun dalam rekapan KPPS berubah menjadi 36 suara. Penambahan suara juga dtemukan pada bebeapa caleg lainnya.

Dari hasil peritungan ulang ini pihak kepolisian menunggu laporan resmi dari Panwas Kab.Sumba Timur untuk dapat menindak lanjuti dugaan kecurangan pemilu yang terjadi (k/jl)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD