Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 18 Maret 2014

Tim Gabungan Bersihkan APK Liar


Waikabubak - Tim gabungan terdiri dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sumba Barat, panwaslu  dan pemerintah setempat sepakat turun ke lapangan Kamis (19/3/2014), membersihkan pemasangan alat peraga kampanye (APK) liar oleh 12 parpol peserta pemilu 2014 dan para caleg yang diduga melanggar ketentuan.
 
Alat peraga kampanye yang akan diturunkan adalah poster, spanduk dan baliho dan lain-lain yang dipasang di jalan, di pohon dan fasilitas publik seperti kantor pemerintahan, gedung sekolah, rumah ibadah dan sebagainya.

Dalam pelaksanaan penertiban di lapangan, tim gabungan  di-back-up aparat kepolisian Polres Sumba Barat dan TNI dari Kodim 1613 Sumba Barat. Secara teknis sebelum turun lapangan, tim terlebih dahulu  mengidentifikasi lokasi pemasangan APK yang diduga menyalahi ketentuan untuk memudahkan proses eksekusi, Kamis (19/3/2014).

Kesepakatan ini dicapai dalam rapat yang dipimpin Ketua Panwaslu Sumba Barat, Papi Ndjurumana, S.Th, di Aula Kantor Panwaslu Sumba Barat, Senin (17/3/2014).

Dalam rapat yang dihadiri Asisten I Setda Sumba Barat, Maria Patrisia Widusay, S.IPem; Ketua KPUD Sumba Barat, Rudolh Godlif Dimu; Kabag Ops Polres Sumba Barat; Kasdim Kodim 1613 Sumba Barat; Ketua Panwaslu Sumba Barat; Papi Ndjurumana, S.Th mengatakan, pihaknya sudah dua kali merekomendasikan ke KPUD Sumba Barat dan pemerintah daerah terkait temuan pelanggaran pemasangan APK oleh 12 parpol peserta pemilu legislatif dan para caleg.

Menurut Papi Ndjurumana, pihaknya sudah berulangkali menjelaskan kepada pimpinan parpol dan calon legislatf  tentang prosedur pemasangan alat peraga.  Semua menyatakan menerima dan memahaminya. "Sayang, dalam realita terjadi pelanggaran di mana-mana seperti pemasangan di atas pohon, bereng jalan dan fasilitas publik seperti gedung kantor pemerintah dan lain-lain.

Kepala Kesbangpol Sumba Barat, Sape Pua Manung, menambahkan, hingga saat ini pihaknya baru mengeluarkan izin pemasangan APK kepada 4 parpol peserta pemilu 2014 yakni Gerindra, PKS, PAN dan PPP. Sedangkan 8 parpol lainnya sampai sekarang belum mengajukan izin. Sementara di lapangan sudah terpasang berbagai APK parpol peserta pemilu 2014.

"Hal itu jelas melanggar ketentuan yang berlaku," tegasnya. Meski demikian, kata Sape, tim sepakat masih memberi waktu kepada parpol mengajukan surat permohonan izin pemasangan APK. (pet)


Sumber: kupang.tribunnews.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD