Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 10 Maret 2014

Sebulan Dilantik, Anggota KPU SBD Terancam Diberhentikan

Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah
Jakarta - Setelah Ketua KPU Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) diberhentikan dengan tidak hormat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) tahun 2013 lalu, kini para komisioner KPU SBD yang baru dilantik awal Februari 2014 lalu itu menghadapi hukuman pemberhentian. Pasalnya, mereka secara sengaja tidak menjalankan perintah atau instruksi KPU Pusat dan KPU Provinsi NTT.
 
Komisioner KPU sekaligus koordinator wilayah NTT, Fery Kurnia yang dikonfirmasi Timor Express (Fajar Media Center) di Jakarta, Minggu (9/3) menegaskan, KPU pusat segera memanggil KPU Provinsi NTT dan KPU SBD untuk menyelesaikan masalah pembangkangan KPU SBD yang tidak menindaklanjuti surat KPU terkait proses usulan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih di kabupaten tersebut. "Kami akan panggil KPU Provinsi NTT dan KPU SBD. Minggu depan atau secepatnya,"tegas Fery melalui pesan singkat BBM-nya.

Ditanya terkait sanksi yang mungkin diberikan kepada KPU SBD, Fery secara tegas mengatakan, KPU SBD akan diberhentikan. Pasalnya, secara struktur lembaga, KPU SBD harus menjalankan perintah atau instruksi dari KPU di atasnya. "Diberhentikan sementara. Sebagai institusi (KPU SBD) harus melaksanakan apa yang diperintahkan secara hierarkis. KPU SBD harus menjalankan instruksi KPU di atasnya,"tambahnya. Menyoal alasan KPU SBD yang seolah lepas tanggungjawab atas polemik Pemilukada karena merupakan masalah peninggalan komisioner sebelumnya, dia kembali menegaskan, seberapa banyak komisioner yang diganti, institusi KPU tetap tidak berubah. "Institusinya tidak berubah walaupun anggotanya wajah baru,"tandasnya.

Bahkan dia menambahkan, jika KPU SBD benar-benar tidak mau melanjutkan proses pelantikan bupati dan wakil bupati, maka KPU SBD akan diambil alih oleh KPU Provinsi NTT. Namun dengan catatan KPU SBD harus diberhentikan. Yah, kalau tidak mampu, berarti akan diambil alih oleh KPU Provinsi NTT dengan catatan KPU SBD diberhentikan sementara,"imbuhnya.

Untuk diketahui, perintah KPU Pusat adalah meminta KPU SBD memberikan surat penegasan tentang pengesahan pasangan bupati dan wakil bupati SBD atas nama Markus Dairo Talu-Ndara Tanggu Kaha (MDT-DT) sesuai putusan Mahkamah Konstitusi. Walau sudah di-deadline oleh KPU Provinsi NTT, namun KPU SBD tetap membangkang. Kelima komisioner KPU SBD yang baru ditetapkan tanggal 28 Januari 2014 ini adalah Paulus H. A. Oembu Rey, Bernadus Dowa Lere, Matias Ndelo, Abdi Haji Dasing, dan Yosefina Tanggu Bore. Mathias Ndelo pun dipilih sebagai Ketua KPU SBD. Kelimanya dilantik 1 Februari 2014 lalu. (cel/fmc/sam/boy)


Sumber: Timex
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD