Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 04 Maret 2014

Mahasiswa Sumba Tolak Tambang Emas di Taman Nasional Manupeu Tandaru


Sejumlah aktivis LSM dan mahasiswa mendiskusikan tambang di wilayah Sumba (Jaringnews/Laurens M Dadi)

Kupang - Forum Peduli Pembangunan Sumba Timur (FP2ST) bersama Organisasi ekstra universiter asal Sumba, meminta Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sumba Timur  menghentikan serta mencabut ijin tambang yang sementara beroperasi di dua kabupaten tersebut. Salah satunya adalah PT. Fathi Resources yang saat ini melakukan Kegiatan eksplorasi tambang emas di Kawasan Taman Nasional Manupeu Tanadaru.
 
FP2ST dan elemen mahasiswa di Kupang menganggap  beberapa kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah salah soal tambang. "Misalnya PT. Fathi Resources, statusnya ekplorasi tetapi kelihatannya sudah sampai pada tingkat eksploitasi," ujar Koordinator FP2ST, Dedy Febryanto Holo, dalam diskusi bersama Element mahasiswa Tolak Tambang, Minggu (03/3), di Kupang.
Dikatakan Febryanto, FP2ST bersama elemen Mahasiswa Tolak Tambang meminta pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama pemerintah kabupaten Sumba Timur dan Sumba Tengah untuk menyelesaikan status tambang emas di wilayah Sumba karena telah merusak lingkungan. Untuk itu, kata Febryanto, FP2ST meminta Pemerintah untuk segera mencabut IUP tambang emas.

Sedangkan, Ketua Forum Komunikasi Pelajar Mahasiswa Asal Tabundung (Fokus Permata), Marthen K. Mbaha, dalam diskusi tersebut mengatakan harus ada aksi nyata berbasis data. Di sisi  lain, katanya,  mahasiswa perlu mewaspadai kepentingan kepentingan politik di tahun politik terkait aksi tolak tambang. Menurutnya aksi tersebut harus bisa melakukan penekanan kepada para pengambil kebijakan untuk menyudahi pertambangan di Sumba.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Savana Asal Lewa (Ipmasal), Shemar Umbu Ridi, mengatakan  isu tambang yang berkembang ada di dua kabupaten yakni Sumba Timur dan Sumba Tengah.  Sehingga dirinya meminta agar mahasiswa dan orgasisasi masyarakat lainnya segera tetapkan langkah untuk menolak tambang demi kesejahteraan di hari yang akan datang.

Ketua Himpunan Mahasiswa asal Umbu Ratu Nggay (Hipmur), Nico Umbu Wulang, pada kesempatannya juga mengatakan perjuangan menolak tambang emas telah diserukan  sejak tahun 2010. Menurutnya, saat ini harus ada kesadaran kolektif soal dampak dari eksploitasi tambang.


Sumber: jaringnews.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD