Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 24 Maret 2014

KPU Sumba Barat Daya Diberhentikan Sementara

Ketua KPU NTT, Johanes Depa
Kupang - KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memberhentikan sementara KPU Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), menyusul tidak diindahkannya Surat KPU pusat beberapa waktu lalu.

Surat KPU tersebut yang intinya meminta institusi di bawahnya memperoses usulan bupati dan wakil bupati terpilih kabupaten itu yakni pasangan Markus Dairo Talu - Dara Tanggu Kaha (MDT-DT).
 
"Kami sudah mengeluarkan surat keputusan Nomor 93 Tahun 2014 tentang pemberhentian semantara KPU SBD berdasarkan hasil rapat, Sabtu (22/3) untuk batas waktu yang tidak ditentukan," kata Ketua KPU NTT, Johanes Depa di Kupang, Senin (24/3).

Menurutnya, keputusan tersebut merupakan tindak lanjut dari surat KPU pusat sebelumnya kepada KPU NTT yang meminta agar KPU SBD segera mengusulkan bupati dan wakil bupati SBD terpilih yakni Paket Markus Dairo Talu- Dara Tanggu (MDT-DT) kepada DPRD setempat untuk selanjutnya diproses pelantikannya.

Dia mengatakan, keputusan tersebut juga menjadi pembelajaran bagi semua pihak termauk publik, agar bisa memahami peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku. lagi pula pemberhentian itu karena KPU SBD tidak melaksanakan keputusan KPU pusat.

"Ada alasan yang jelas tentang pemberhentian tersebut yakni KPU SBD tidak melaksanakan kewenangan yang diatur dalam tugas, kewenangan dan kewajiban KPU kabupen/kota yaitu UU Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu, pasal 10 ayat 3 huruf l dan pasal 10 ayat 4 huruf u, yang menyatakan KPU kabupaten/kota dan provinsi wajib melaksanakan apa yang diperitahkan KPU," jelasnya.

Jadi,kata dia, apa pun perintahnya secara logika harus dilaksanakan. Sebab secara hirarkis tanggung jawab bukan kepada yang melaksanakan tetapi yang memberikan perintah.

Dia nemambahkan, sekarang proses pengusulan bupati dan wakil bupati SBD terpilih dalam kendali KPU NTT. Dalam ruang waktu ini, KPU NTT memberikan penegasan kepada DPRD setempat untuk segera memproses usulan itu. setelah itu, dalam waktu dekat KPU SBD akan diaktifkan kembali karena akan menyelenggarakan Pileg.

" Tentang persoalan tersebut sudah kami sampaikan kepada DPRD SBD dengan tembusan kepada Gubernur NTT dan Menteri Dalam negeri. Mudah-mudahan, tidak ada masalah lagi dengan proses tersebut," paparnya.

Menurut dia, KPU memerintahkan KPU NTT mengambilalih KPU SBD dengan pemberhentian sementara sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan, dan KPU NTT diperintahkan untuk membuat penegasan terkait bupati dan wakil bupati terpilih sesuai putusan MK.

Dia menuturkan, usulan penegasan itu secepatnya akan disampaikan kepada DPRD SBD dan pihak terkait sesuai perintah KPU. "Penegasan KPU didasarkan pada putusan MK dan usulan KPU SBD yang pertama, yaitu calon bupati dan wabup terpilih, MDT-DT," katanya.

Sumber: Flobamora.net 
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD