Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 12 Maret 2014

KPU Bahas Peserta Pemilu Terancam Dibatalkan Bareng KPU Provinsi

 
Provinsi NTT ada enam calon DPD RI yakni Alexius Armanjaya, Arieston Dappa, Asyera Wondalero, Romanus Ndau, Johanes Mat Ngare, dan Mathelda Littik. Kabupaten Timor tengah Selatan ada PDI Perjuangan, Kabupaten Sumba Barat Daya ada PKB dan PBB, Kabupaten Ngada ada PBB dan PPP.

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum mengadakan rapat koordinasi dengan KPU Provinsi seluruh Indonesia untuk menindaklanjuti pelaporan dana kampanye peserta Pemilu 2014 2 Maret 2014 di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (12/3/2014). 
"KPU bertemu KPU provinsi se-Indonesia membahas laporan-laporan. Kita akan mencoba mengompilasi peserta pemilu yang telat dan tidak mengirimkan laporan dana kampanye," ujar komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di KPU, Jakarta, Rabu (12/3/2014).

Dari pantauan Tribunnews.com, Ketua KPU Husni Kamil manik membuka rakor yang terlaksana di lantai Aula KPU. Setelah memberikan sambutan, acara pembahasan diteruskan secara tertutup oleh komisioner KPU, Ida Budhiati dan Ferry.

Menurut Ferry, kalau tidak ada halangan, hasil laporan yang sudah terkumpul, akan menjadi dasar komisioner KPU melakukan rapat pleno, memutuskan mana saja parpol dan calon perseorangan dari DPD RI yang dibatalkan sebagai peserta pemilu.

"Insyaallah nanti malam akan kita plenokan. Tentunya kita ingin melihat dulu sejauh mana laporannya. Kalau enggak menyerahkan sama sekali, berarti enggak ada itikad. Sesuai dengan aturan, kalau memang enggak memenuhi laporan, akan diskualifikasi," tegas Ferry.

Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahudin, menyampaikan banyak peserta Pemilu 2014 baik partai politik dan calon anggota DPD RI yang menyerahkan laporan dana kampanye melebihi tenggat waktu 2 Maret 2014.

"Catatan yang dikumpulkan Sigma dari berbagai sumber, peserta pemilu banyak tak patuh dalam melaporkan dana kampanye ke KPU sesuai tingkatan," ujar Said kepada wartawan di Jakarta, Senin (10/3/2014). Menurutnya, hal tersebut ada yang terjadi di provinsi, kabupaten atau kota.

Berikut sejumlah data yang dihimpun Sigma dari berbagai sumber adanya peserta pemilu yang menyerahkan terlambat dana kampanye, bahkan tidak sama sekali. Provinsi Sumatera Utara ada dua calon DPD RI yakni Erick Sitompul dan Edison Sianturi. Kabupaten Padang Lawas Utara ada Partai Hanura dan Partai Golkar.

Provinsi Sumatera Barat ada satu calon DPD RI, Zulherman yang baru menyerahkan laporan dana kampanye pukul 18.15. Provinsi Jambi, Partai Golkar baru menyerahkan pukul 18.30. Kabupaten Lingga di Kepulauan Riau ada PKPI.

Provinsi Banten, ada PAN yang menyerahkan pukul 18.15 dan Partai Gerindra, menyerahkan pukul 18.58, dan satu calon DPD RI Rusi Arif. Provinsi Jawa Tengah satu calon DPD RI, Sudir Santoso, Kabupaten Purworejo ada Partai Gerindra yang menyerahkan pukul 18.20. Kabupaten Tabanan PKB langsung didiskualifikasi KPU-nya.

Provinsi NTT ada enam calon DPD RI yakni Alexius Armanjaya, Arieston Dappa, Asyera Wondalero, Romanus Ndau, Johanes Mat Ngare, dan Mathelda Littik. Kabupaten Timor tengah Selatan ada PDI Perjuangan, Kabupaten Sumba Barat Daya ada PKB dan PBB, Kabupaten Ngada ada PBB dan PPP.

Sulawesi Tengah ada dua calon DPD RI, Ray Sahetapy dan Zaenudin T. Kabupaten Morowali ada Partai Demokrat, dan Kabupaten Donggala ada Partai Gerindra. Provinsi Sulawesi Tenggara ada enam Calon DPD RI. Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara ada PKB.

Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat ada Partai Hanura yang menyerahkan pukul 18.05. Provinsi Kalimantan Barat ada satu calon DPD RI, Yakobus Kumis, menyerahkan pukul 19.00. Provinsi Maluku satu calon DPD RI, La Ode Rahim bin Ali, langsung didiskualifikasi KPU setempat.
Provinsi Papua ada calon DPD RI, Daniel Butu dan Dirk Dikcy Romboirusi didiskualifikasi KPU setempat.

Sumber: tribunnews.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD