Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 28 Maret 2014

Kantor KPU Sumba Barat Daya Terbakar

Gedung KPU SBD yang terbakar
Tambolaka - Gedung kantor KPU Sumba Barat Daya Nusa Tenggara Timur terbakar atau dibakar oknum tidak dikenal dan diduga terkait dengan kisruh hasil Pilkada daerah setempat yang saat ini belum ada kejelasan.
Marianus Kristoforus Gala, PNS pada Sekretariat KPU SBD itu dihubungi melalui telophone genggamnya Jumat, petang membenarkan kejadian itu.

Ia menduga terbakarnya gedung KPU SBD itu dipicu oleh informasi yang berkembang bahwa Kementerian Dalam Negeri telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) pelantikan dan pengesahan Markus Dairo Talu-Dara Tanggu Kaha (MDT-DT), sebagai Bupati dan Wakil Bupati SBD terpilih periode 2013-2018.

Informasi ini (SK Kemendagri) katanya ternyata tidak benar. "Yang benar adalah bahwa Lima Komisioner di Kabupaten SBD yang diberhentijan sementara oleh KPU Pusat, sudah diaktifkan kembali setelah KPU NTT mengirim surat penegasan pengesahan pasangan MDT-DT sebagai pasangan terpilih ke DPRD SBD untuk selanjutnya dilanjutkan ususlan ke gubernur lalu ke Kemendagri untuk segera dilakukan pelantikan," katanya.
Kantor KPU SBD yang terbakar





Jadi menurut Marianus meski ada informasi awal kejadian kebakaran gedung kantor KPU SBD seperti itu, namun saat ini pihak kepolisian setempat sedang melakukan penyilidikan untuk memastikan sebab-sebab kebakaran dan siap yang harus bertanggungjawab.

Saat itu kata Marianus, banyak massa berada disekitar tempat kejadian peristiwa sedang berjaga-jaga sambil ingin memastikan apakah benar SK pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih ada atau tidak.

Umumnya mereka diduga adalah massa pendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat Daya Kornelius Kodi Mete-Daud Lende Umbu Moto "KONco OLEATE" yang sudah sepekan bersiaga untuk berhadapan dengan pihak atau oknum yang hendak melantik pasangan yang dianggap kalah dalam Pilkada itu yaitu MDT-DT.

Terpisah Juru Bicara KPU NTT Maryanti Luturmas Adoe di Kupang, Jumat, membenarkan informasi terbakarnya gedung kantor KPU SBD. "Kelanjutannnya akan dikabarkan lagi.

Ia juga membenarkan kalau KPU telah mengaktifkan kembali lima komisioner KPU SBD yang diberhentikan sementara pekan lalu.

Untuk diketahui, tiga hari pascapemberhentian lima komisioner, Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumba Barat Daya (SBD) masih sepi. Tidak ada aktifitas menonjol terkait persiapan pelaksanaan pemilu legislatif.

Kondisi ini berbeda dengan suasana sebelum pemberhentian komisioner, dimana komisioner bersama staf sekretariat sibuk mempersiapkan logistik Pileg.

Seorang petugas keamanan dari satuan Brimob yang bertugas menjaga Kantor KPU SBD mengatakan, "kantor ini sepi sekali." Berbeda dengan Kantor KPU SBD, gedung DPRD SBD terlihat lebih `ramai`. Semakin banyak warga mendatangi gedung wakil rakyat itu untuk berjaga-jaga. Mereka membawa parang dan anak panah beracun.

Informasi yang diperoleh massa yang hadir selama itu juga mempersenjatai diri dengan bom rakitan (mereka menyebutnya bola kasti) disembunyikan di balik gulungan kain yang terlilit di pinggang.

Sejak anggota Formabes Peduli Kebenaran dan Keadilan `menduduki` gedung DPRD, Senin (23/3/2014), hanya anggota Dewan yang propasangan KONco Ole Ate (dr. Kornelius Kodi Mete-Drs. Daud Lende Umbu Moto) yang berkantor.

Sedangkan anggota Dewan yang mendukung MDT-DT (Markus Dairo Talu-Dara Tanggu Kaha) belum menampakkan batang hidung di gedung DPRD.(rr)


Sumber:Antara
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD