Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 24 Maret 2014

Jalan Propinsi Putus di Jalur Waikabubak-Mamboro

Salah satu titik ruas jalan Waikabubak-Mamboro yang kondisi aspalnya amblas menyebabkan kendaraan roda empat tidak bisa melintas. Titik jalan yang rusak itu di dekat Kali Asin, Kecamatan Mamaboro, Sumba Tengah. Gambar diambil, Jumat (21/3/2014).
Waibakul - Ruas jalan propinsi jalur Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, menuju Mamboro, Kabupaten Sumba Tengah, putus. Hal itu terjadi karena terdapat dua titik kerusakan cukup parah yakni tembok penahan jalan raya yang baru saja dihotmix tahun lalu ambruk dan mengancam amblasnya jalan di jalur itu.
 
Selain itu, yang paling parah amblasnya, dekat Kali Asin di Kecamatan Mamboro, menyebabkan kendaraan roda empat tidak bisa melintas sama sekali. Khusus kendaraan roda dua bisa melintas tetapi harus didorong karena melintas di atas gundukan batu besar.

Seperti disaksikan Pos Kupang, Jumat (21/3/2013), kondisi aspal jalan propinsi Waikabubak-Mamboro rusak parah. Kondisi paling parah mulai dari perbatasan Sumba Barat ke arah Mamboro. Keadaan jalan yang baik sekitar dua kilometer lebih yang baru dihotmix di areal yang melintas di wilayah padang menuju Kali Asin.
Selebihnya rusak parah.

Keadaan itu luput dari perhatian pemerintah propinsi maupun pemerintah Kabupaten Sumba Tengah. Hal itu mungkin saja terjadi karena aktivitas warga melintasi jalur tersebut sedikit berkurang seiring berdirinya Kabupaten Sumba Tengah.

Namun sejumlah warga yang ditemui Pos Kupang di sekitar Kali Asin, Jumat (21/3/2014), mendesak pemerintah Propinsi NTT memperhatikan nasib jalan tersebut. Akibat kerusakan jalan itu menyebabkan rute perjalanan semakin panjang karena harus mengikuti jalur menuju Loko Rii, Sumba Barat, baru ke Weeluri, Kabupaten Sumba Tengah. Untuk itu warga meminta pemerintah Propinsi NTT segera memperbaiki jalan yang rusak itu agar arus lalu lintas, terutama kendaraan roda empat, kembali melintas seperti sediakala.

Hal yang sama pula dialami masyarakat Desa Wendewa Barat, Kabupaten Sumba Tengah. Hal mana salah satu bronjong jalan raya nyaris putus menyebabkan kendaraan roda empat sulit melintas. Pemerintah diharapkan segera membangun jembatan agar kondisi jalan lebih menjanjikan ketimbang membangun bronjong yang tidak mampu menahan banjir sebagaimana terjadi belum lama ini. Sampai saat ini kondisi jalan yang nyaris putus dibiarkan begitu saja tanpa ada upaya perbaikan dari pemerintah. (pet)



Sumber: kupang.tribunnews.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD