Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 08 Maret 2014

Dinas Kelautan Libatkan Pokmas Pantai Cegah Pemboman Ikan

Waibakul - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumba Tengah, Ir. Umbu Tonga, mengatakan, sejak awal Januari 2014, pihaknya telah menempatkan dua staf bertugas di Kecamatan Mamboro memantau oknum-oknum nelayan dari luar Sumba yang mengebom ikan di wilayah perairan utara Sumba Tengah. Kegiatan pengamanan ini melibatkan kelompok masyarakat (Pokmas) pengawasan pantai.
 
"Saat ini kami tengah memperbaiki sebuah speed boad dengan mengadakan dua mesin penggeraknya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada mesin sehingga speed boad tersebut bisa dioperasikan," ujar Umbu Tonga di sela-sela musrenbangcam Kecamatan Katikutana Selatan di Kantor Kecamatan Katikutana Selatan, Selasa (4/3/2014).

Umbu Tonga membenarkan beberapa waktu lalu terjadi pemboman ikan di perairan utara Sumba Tengah. Para pelaku, diakuinya, nelayan-nelayan asal luar Sumba seperti dari NTB dan Sulawesi. "Para nelayan lokal tidak bisa melarang karena takut dibom," ujarnya.

Untuk mencegah hal itu, lanjut Umbu Tonga, pihaknya telah menempatkan dua staf dan kelompok masyarakat dengan harapan secepatnya memberi informasi jika ada gejala nelayan mau melakukan pemboman ikan.

"Kami juga berkoordinasi dengan polisi dan TNI untuk melakukan patroli bersama. Mudah-mudahan dalam waktu dekat speed boad sudah beroperasi sehingga  kegiatan patroli kembali terlaksana," ujarnya. (pet)


Sumber: kupang.tribunnews.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD