Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 09 Maret 2014

Didesak KPU NTT, KPU SBD Merasa Diintimidasi

Ketua KPU SBD, Matias Ndelo
Tambolaka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) merasa diintimidasi menyusul adanya surat KPU NTT yang mendesak segera menerbitkan surat penegasan pelantikan bupati dan wakil bupati SBD terpilih.
 
"Surat penegasan dari KPU NTT itu membuat kami merasa diintimidasi. Kami bingung. Karena proses pemilukada kan kami tidak terlibat. Kami khawatir kami ikut terseret ke masalah hukum," kata Ketua KPU SBD, Matias Ndelo, saat dihubungi, Selasa (4/3/2014) sore.

Matias menjelaskan, KPU SBD telah menjawab surat KPU NTT tertanggal 25 Februari 2014. Dalam suratnya tertanggal 3 Maret 2014, KPU SBD menyatakan menolak membuat surat penegasan usulan pengesahan Bupati-Wakil Bupati SBD terpilih.

Karena yang berhak membuat penegasan adalah KPU NTT, sebagaimana hasil pertemuan di ruang rapat Dirjen Otonomi Daerah, Jakarta, 6 Februari 2014 lalu.

Surat KPU SBD langsung ditanggapi KPU NTT. Dalam suratnya yang dikirim via email dan diterima KPU SBD, Senin (3/3/2014) malam, KPU NTT mendesak KPU SBD membuat penegasan usulan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati SBD terpilih kepada DPRD SBD.

"Kami sudah terima surat KPU NTT yang dikirim via email, Senin malam. Tadi kami sudah gelar rapat pleno untuk menentukan sikap. Dalam perjalanan kami tunda rapat pleno," kata Matias.

Ia menjelaskan, semua anggota mempelajari aturan dan membuat telahaan, setelah itu menyampaikan pendapat dalam rapat pleno lanjutan. "Kami khawatir implikasinya terhadap kami dibawa ke ranah hukum," ujar Matias.

Pakai Rujukan KPU Pusat
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT, John Depa, meminta KPU SBD menggunakan rujukan surat resmi dari KPU Pusat, jangan pakai rujukan pertemuan di Mendagri pada 6 Februari 2014.  Itu berarti, KPU SBD segera membuat penegasan usulan pengesahan Bupati dan Wakil Bupati SBD terpilih.

John Depa menyampaikan itu  kepada Pos Kupang, Selasa (4/3/2014). Ia  membenarkan  KPU NTT  telah menerima surat dari KPU SBD yang isinya menolak membuat penegasan usulan sesuai surat dari KPU NTT.

"Kemarin sore  (Senin 3/3/2014) kami sudah menerima surat resmi dari KPU Sumba Barat Daya. Isinya mereka merujuk pada pertemuan dengan Mendagri tanggal 6 Februari 2014. Dan, pada saat itu juga kami menyurati KPU SBD menjalankan apa yang diminta oleh KPU," kata John.

Ia menjelaskan, KPU NTT memberi batas waktu hingga Selasa (4/3/2014) untuk menegaskan kembali tentang penetapan calon terpilih.

"Kami akan menegaskan dan memberi waktu hingga hari ini (Selasa kemarin) untuk menegaskan kembali tentang penetapan calon terpilih. Kami lihat perkembangan seperti apa. Tapi sudah kami  tegaskan lagi untuk dudukan persoalan sehingga mereka juga bisa perhatikan surat kami," ujarnya.

Menurut dia, alasan penolakan KPU SBD dengan merujuk hasil pertemuan di Kemendagri tanggal 6 Februari 2014, keliru.

"(Pertemuan) tanggal 6 Februari itu bukan begitu (KPU NTT yang menegaskan kepada Gubernur NTT, sesuai berita Pos Kupang, Selasa 4/4/2014). Tanggal 6 Februari itu bukan menjadi rujukan. Kami bersandar pada surat KPU (KPU Pusat) yang sampai ke kami. Berdasarkan pertemuan tanggal 6 Februari, maka surat KPU hanya meminta KPU SBD untuk menegaskan kembali. Jadi jangan pakai rujukan pertemuan di Mendagri. Pakailah rujukan resmi surat dari KPU. Itulah penegasan dalam surat kami kepada KPU SBD. Kita harapkan ini bisa berjalan dengan baik," jelas John.

Sebelumnya diberitakan, KPU SBD menolak membuat surat penegasan usulan pengesahan Bupati dan Wakil Bupati SBD terpilih. Bahkan KPU SBD telah melakukan pleno untuk menolak surat KPU NTT agar KPU SBD membuat surat penegasan itu. Menurut Ketua KPU SBD, Matias Ndelo, asalan penolakan itu karena merujuk pada pertemuan di Kemendagri tanggal 6 Februari 2014  yang mengatakan agar KPU SBD tidak dilibatkan dalam masalah Pemilukada.(aca/roy)


Sumber: kupang.tribunnews.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD