Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 09 Maret 2014

Berlibur Ke Pulau Sumba Yang Kaya Potensi Wisata

Selain Bali dan Lombok, Indonesia punya pulau Sumba  yang kaya akan potensi wisata. Menariknya, di pulau yang kondisi alamnya cukup menantang ini beragam budaya yang ada tetap bertahan, seakan tidak lekang dilintas zaman. Ditengah kondisi masyarakat yang miskin, daya tarik adat istiadat yang dimiliki beragam suku aslinya tetap memancarkan daya tarik luar biasa. Rumah beratap beratap ilalang dengan bentuk eksotis, kuburan batu berukir dan berukuran raksasa , kain ikat sarat makna yang ditenun tangan-tangan terampil, hingga prosesi pemakaman yang sakral. Sumba dapat dibilang sebagai tempat terakhir untuk melihat tradisi penguburan megalitik, sebuah prosesi yang berkembang pada jaman neolitik dan perunggu, masik dipraktikkan hingga saat ini.



Walaupun kebanyakan penduduknya sekarang menganut agama Kristiani, agama lokal yang disebut Marapu masih mendapatkan tempat pada kehidupan sehari-hari. Untuk menghomati Marapu, penduduk lokal meletakkan beragam patung di altar, tempat mereka meletakkan persembahan dan hewan yang dikurbankan.Pasola adalah salah satu tradisi Marapu yang masih dipertahankan hingga saat ini. Upacara ini berpusat pada pertempuran antar kubu dengan bersenjatakan tombak sambil menunggang kuda untuk melepas dendam atau amarah. Ritual ini menjadi ajang rujuk pihak-pihak yang bersengketa atau kelompok yang bermusuhan. Acara yang menjadi salah satu daya tarik utama Sumba ini digelar bulan Februari dan Maret dalam setahun di Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Tenun ikat asal Sumba mendapatkan tempat tersendiri di dunia fashion, terlebih sejak desainer kenamaan seperti Diane Von Furstenberg dan Gucci menampilkan motif ikat dalam koleksi terbaru mereka. Walau begitu, karya mereka tidak semenarik aslinya, yang menggunakan bahan alami dan proses pewarnaan organik menggunakan kulit pohon, buah, dan dedaunan lokal. Motif dan pola yang digambarkan dalam kain beragam, mulai dari binatang, tumbuhan, hingga mitos dan perang antar suku. Karena begitu berharga, masyarakat lokal hanya menggunakan tenun ikat pada acara dan perayaan tertentu.

Pantainya yang masih perawan menjadi daya tarik tersendiri. Datang saja ke Marosi, Lailiang, Tarimbang, Watu Parunnu, Kallala, Tanjung Karoso,  Watu Maladong, Mananga Aba dan pantai eksotik lainnya untuk menikmati langsung pesona tropis yang akan membuat Anda jatuh cinta. Mau surfing atau berjemur menikmati matahari di pantai atau berjalan-jalan di pasir putih yang halus, Anda tinggal pilih mana yang disuka.



Ada dua titik untuk masuk ke Sumba, yang pertama adalah melalui Waingapu di Sumba Timur atau dari Tambolaka yang berada di Sumba Barat Daya. Minimnya pembangunan di daerah ini membuat Anda serasa masuk ke mesin waktu, singgah ke masa lalu. Dengan segala misteri dan daya tariknya, Sumba akan membawa Anda ke masa dimana tradisi dan alam hidup berdampingan dalam harmo
ni.
Comments
1 Comments

1 komentar:

yoxx mengatakan...

cool...

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD