Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 29 Maret 2014

Bawaslu Desak KPUD Sumba Barat Daya Untuk Tetap Ikut Pemilu

Juru Bicara Bawaslu Nusa Tenggara Timur, Jemris Fontuna
Kupang - Badan Pengawas Pemilu Nusa Tenggara Timur mendesak Komisi Pemilihan Umum setempat tetap menyertakan Kabupaten Sumba Barat Daya dalam Pemilu Legislatif 2014, dengan mengupayakan logistik pengganti pascainsiden pembakaran kantor KPU SBD, Jumat (28/3). 
"Saya kira masih ada waktu 10 hari bagi KPU selaku penyelenggara pemilu untuk melakukan konsolidasi internal, agar bisa mengadakan logistik pengganti yang terbakar. Agar Kabupaten SBD bisa ikut pemilu legislatif pada 9 April nanti secara serentak," kata Juru Bicara Badan Pengawas Pemilu Nusa Tenggara Timur Jemris Fontuna, di Kupang, Sabtu (29/3).

Dia mengatakan, meskipun insiden pembakaran kantor KPU Sumba Barat Daya pada Jumat (28/3), dan membakar habis sejumlah logistik pemilu legislatif termasuk surat suara, masuk dalam kategori 'force majeure' atau keadaan di luar kendali, namun KPU selaku penyelenggara, masih bisa melakukan sejumlah langkah, untuk mengikutsertakan SBD dalam pemilu nanti.

Menurut dia, penundaan atau pemilu legislatif susulan, yang boleh mungkin diterapkan oleh KPU untuk SBD, akan sangat mengganggu tahapan dan jadwal pelaksanaan pemilu legislatif secara keseluruhan di daerah ini, serta secara nasional.

Selain itu, mantan jurnalis sebuah harian nasional itu mengatakan, penundaan atau pemilu legilatif susulan di daerah itu, akan berpotensi timbulnya kecurangan melalui tindakan politik uang dan tindakan pelanggaran lainnya.

Dia juga mengatakan, penundaan atau pemilu susulan, akan memberikan ketidakpastian politik bagi partai politik peserta pemilu serta dikhawatirkan akan memangkas hak konstitusi pemilih daerah itu.

Karena itu, lanjut dia, KPU harus bisa berupaya untuk sesegera mungkin mendata dan menelisik sejumlah logistik yang masih bisa dipakai dan logistik yang harus diganti agar segera diganti untuk kepentingan pelaksanaan di daerah itu pada 9 April mendatang.

Aparat keamanan, baik unsur TNI dan Polri, diminta untuk memberikan jaminan dan kepastian keamanan bagi penyelenggara di SBD hingga ke tingkat yang paling kecil di tempat pemungutan suara (TPS), sehingga kondisi nyaman setiap penyelenggara bisa diperoleh.

Dengan kondisi kenyamanan itulah, pesta demokrasi rakyat lima tahunan tersebut bisa terlaksana dengan baik dan demokratis, untuk kepetingan masyarakat, bangsa dan negara.


Sumber: aktual.co
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD