Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 22 Maret 2014

Anggota Panwaslucam Wewewa Barat dan Wewewa Tengah Tidak Direvisi

Tambolaka - Ketua Panwaslu Kabupaten Sumba Barat Daya, Dikson Daly, S.Sos, mengatakan, keanggotaan panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwaslucam) Wewewa Barat dan Wewewa Tengah tidak direvisi.
 
"Pergantian panwaslu kecamatan dan pengawas pemilu lapangan (PPL) merupakan kewenangan Banwaslu Pusat. Kami sudah koordinasi dan disepakati untuk tidak mengganti Panwaslucam Wewewa Barat dan Wewewa Tengah," kata Dicky, demikian Dikson Daly disapa, saat ditemui Kamis (20/3/2014).

Untuk diketahui, pada saat pelaksanaan Pemilukada SBD 5 Agustus 2013 lalu, terjadi penggelembungan dan pengurangan suara pasangan calon bupati dan wakil bupati SBD. Hal itu dilakukan oleh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wewewa Barat dan Wewewa Tengah. Akibatnya hasil Pemilukada SBD masih berpolemik sampai sekarang.
Masalah itu muncul karena faktor lemahnya pengawasan yang dilakukan Panwaslucam Wewewa Barat dan Wewewa Tengah sehingga muncul tuntutan anggota Panwaslucam Pemilukada tidak dipakai menjadi Panwaslucam Pileg.

"Ada permintaan dari masyarakat dan pemerintah kecamatan agar anggota panwaslucam pemilukada tidak dipakai dalam pemilu legislatif. Kami sudah bertemu camat dan menjelaskan bahwa pergantian anggota panwaslucam bukan kewenangan panwaslu kabupaten melainkan melalui mekanisme Bawaslu Pusat," kata Dicky.

"Kami sudah buat penegasan kepada mereka (Panwaslucam Wewewa Barat dan Wewewa Tengah) untuk melaksanakan tugas secara independen. Kalau terbukti tidak netral maka kami akan beri sanksi yang tegas," tandas Dicky.

Sikap Panwaslu berbeda dengan sikap KPU SBD. Sebelumnya, Ketua KPU SBD, Matias Ndelo mengatakan, KPU merevisi keanggotaan PPK Wewewa Barat dan Wewewa Tengah karena beberapa diantaranya terlibat kasus Pemilukada SBD.

"Ada beberapa ditetapkan sebagai tersangka dan menjadi DPO (daftar pencarian orang) polisi Polres Sumba Barat. Kami khawatir saat melaksanakan tugas mereka ditangkap polisi sehingga pekerjaan bisa terbengkelai," kata Matias Ndelo beberapa waktu lalu. (aca)


Sumber: kupang.tribunnews.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD