Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 24 Februari 2014

Wacana Sumba Jadi Pulau Imigran Sejak Tahun 1970-an

Bupati Sumba Tengah, Drs. Umbu Sappi Pateduk
Waibakul - Rencana Kantor Imigrasi menjadikan pulau itu sebagai pulau imigran mendapat tanggapan dari Bupati Sumba, Drs. Umbu Sappi Pateduk. Ia membenarkan adanya lahan milik imigrasi seluas 5000 ha dan memiliki akta. Peruntukannya untuk penampungan sementara para imigran.
 
Wacana itu sejak tahun 1970-an. Namun saat ini lahan tersebut hanya sisa 2000 ha, karena telah digunakan masyarakat sebagai tempat pemukiman.

“Jika wacana itu akan dilaksanakan, maka mari kita bicarakan kembali. Sebab perlu ada sosialisasi kembali kepada masyarakat sebagai daerah otonomi yang mekar dari Sumba Timur. Apa lagi masyarakat saya masih banyak yang miskin yang harus mendapat bantuan dari pemerintah,” kata Umbu Sappi Pateduk, yang sering disapa Umbu Bintang.

Umbu Bintang, menjelaskan, rencana awal tersebut kabupaten Sumba Tengah masih bersatu dengan Sumba Timur. Namun dalam perjalanan waktu ada wacana bahwa tempat itu akan dipindahkan ke pulau Galang. Setelah itu tidak ada wacana lagi sehingga masyarakat menempati lahan tersebut sebagai daerah pemukiman, jelas Umbu Bintang.

"Untuk saat ini jika pemerintah pusat merealisasikan rencana itu, maka saya minta mari kita bicarakan dulu peruntukan lahan tersebut. Jika melihat kondisi saat ini tidak layak dijadikan tempat penampungan para imigran sementara di daerah itu sebab sudah padat penduduk," jelasnya.

Kepala Divisi Imigrasi pada Kanwil Hukum dan HAM NTT, Weisner Sitompul, kepada di Kupang, menjelaskan bahwa Kementerian Hukum dan Ham, belum ada rencana pembangunan tempat penampungan imigran sementara di Pulau Sumba NTT.

“Itu wacana saja. kalau diberitakan di media bahwa akan dibangun infrastruktur di Pulau Sumba NTT itu tidak benar,” kata Sitompul.



Sumber: Suara Pembaruan
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD