Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 23 Februari 2014

Pemprov NTT Tolak Pendirian Penampungan Imigran Gelap di Sumba Timur

Kaban Kesbangpol Linmas Provinsi NTT, Sisilia Sona
Kupang - Walau masih sebatas wacana, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menolak keras  pendirian tempat penampungan imigran gelap di Kabupaten Sumba Timur, karena Indonesia bukan negara tujuan akhir.
 
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) NTT, Sisilia Sona yang dihubungi di Kupang, Sabtu (22/2) menjelaskan,wacana tersebut harus ditolak pemerintah dan masyarakat daerah ini,karena Indonesia selama ini hanya jadi tempat transit.

Dia menyebutkan, sepanjang tahun 2013 terdapat 641 imigran gelap asal Timur  Tengah masuk ke NTT. Pada tahun 2014 ini, pada bulan Januari saja, terdapat 45 orang.

“Karena Rudenim sudah penuh akhirnya ditampung di hotel yang dibiayai UNHCR dan IOM. Sekarang ada di salah satu hotel di Kota Kupang, ” paparnya. Sisilia.

Menurutnya, masuknya imigran gelap ke NTT dikarenakan adanya patroli dan pengamanan yang cukup ketat di Australia pasca retaknya hubungan Indonesia dan Australia. Akhirnya para imigran pun terdampar di NTT, diantaranya di Sumba, Sabu, Rote dan Sikka serta beberapa daerah pesisir lainnya.

Saat ini, sebut Sisilia, berdasarkan laporan terdapat sekitar 70 ribu imigran gelap di Malaysia yang akan didorong ke Indonesia karena UNHCR dan IOM di Malaysia tidak beroperasi lagi.

“Oleh karena itu, jika tak diantisipasi, maka NTT menjadi salah satu daerah tujuan imigran gelap tersebut,” ujarnya.

Menurut Sisilia, NTT menjadi pilihan karena sangat dekat dengan Australia. Dengan demikian, ketika ditolak Australia maka langsung masuk ke NTT. Masalah lainnya, ada keterlibatan sindikat, termasuk aparat keamanan. Hal ini kian memudahkan masuknya imigran gelap tersebut.

Masalah lain juga, tambahnya, adalah pengamanan laut kita sangat minim. Pintu masuknya ke NTT tidak hanya lewat laut tapi juga darat dan udara. Pengamananya hingga saat ini masih sangat minim. (Oni)


Sumber: www.floresbangkit.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD