Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 04 Februari 2014

Kuota CPNS 2014 Ditambah, tetapi Tes Diperketat

Jakarta - Kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 akan ditambah namun dengan tes atau seleksi yang lebih ketat. Demikian informasi terakhir penerimaan CPNS 2014 berdasar instruksi Menteri PAN-RB Azwar Abubakar dan penjelasan Deputi SDM KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja di Jakarta (13/1).
 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar menginstruksikan supaya kuota CPNS 2014 lebih besar dibanding periode 2013 dengan  alasan banyak kuota CPNS baru 2013 yang tidak terisi.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (KIP) Kemen PAN-RB Herman Suryatman mengatakan, kuota rekrutmen CPNS 2013 ditetapkan sekitar 65 ribu. “Setelah seluruh tahap seleksi dilaksanakan, ternyata tidak seluruh kuota itu terisi,” kata pejabat hasil lelang jabatan itu.

Instruksi dari Menteri PAN-RB itu, tegasnya, sudah jelas yakni meluncurkan kuota CPNS yang tidak terserap tahun lalu ke seleksi CPNS 2014 ini. Dari total kuota CPNS 2013 sebanyak 65 ribu, hanya terisi sejumlah 58.796 kursi saja.

Artinya masih ada kursi sisa sebanyak 6.200-an kuota. Dengan asumsi kuota CPNS baru tahun depan tetap 65 ribu dan mendapatkan tambahan 6.200 kursi dari luncuran periode 2013, berarti kuota totalnya mencapai 71.200 kursi.

Meskipun begitu mantan kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Olahraga Kabupaten Sumedang itu menegaskan, jumlah kuota CPNS 2014 secara pasti sampai sekarang belum ditetapkan.

Dia menegaskan bahwa penetapan jumlah kuota itu disesuaikan dengan kebutuhan formasi CPNS baru di instansi pusat maupun daerah. Selain itu penetapan kuota CPNS baru tahun ini juga mempertimbangkan kesehatan fiskan negara.

Herman menjelaskan secara umum sistem seleksi CPNS 2013 sudah berjalan dengan baik. Sehingga tidak ada perubahan drastis mulai dari alur usulan formasi hingga pelaksanaan ujian.

Seperti instansi yang mengajukan formasi CPNS baru, wajib menyampaikan hasil analisis jabatan (anjab) dan analisis beban kerja (ABK). Melalui dua dokumen itu panitia pelaksana nasional (panselnas) seleksi CPNS 2014 bisa mengetahui persis kebutuhan pegawai di masing-masing instansi.

Menurut Herman proses teknis rekrutmen CPNS 2014 bakal mulai dijalankan Maret mendatang. Diantaranya adalah mulai membuka usulan formasi dari instansi pusat maupun daerah. Dia juga menuturkan tes CPNS 2014 ini fokus diisi oleh pelamar umum. Belum ada rencana untuk diperebutkan juga oleh pelamar dari tenaga honorer.

Diperketat

Meski ada penambahan kuota CPNS namun seleksi CPNS 2014 akan lebih ketat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal itu terkait dengan kebijakan pemerintah yang mewajibkan seluruh instansi baik pusat maupun daerah untuk menggunakan sistim computer assisted test (CAT) dalam pengadaan CPNS tahun ini.

“Tahun ini sistim pengadaan CPNS di seluruh Indonesia menggunakan CAT. Kalau tahun lalu, masih diberikan pilihan karena intrastruktur Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum lengkap, tahun 2014 tidak ada pilihan lain kecuali CAT,” kata Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja, Senin (13/1), kepada JPNN.

Pilihan KemenPAN-RB ke CAT, lanjutnya, karena anggarannya lebih sedikit. Tidak seperti sistim lembar jawab komputer (LJK) yang menelan anggaran puluhan miliaran rupiah.

“CAT tidak membutuhkan anggaran besar. Personil yang diturunkan untuk pengawasan pun tidak sebanyak LJK,” terangnya.

Saat ini BKN memiliki 12 kantor regional, di mana masing-masingnya dilengkapi 50 unit komputer. Tahun ini, perangkatnya akan ditambah. Selain itu, bagi pemda juga diarahkan untuk menyiapkan perangkat komputer.

“Masih ada waktu untuk melengkapinya. Karena susah juga kalau pelamar harus datang ke Kanreg terdekat. Alangkah baiknya bila daerah menyiapkan perangkatnya, apakah itu lewat sistim sewa atau lainnya,” bebernya.

Dia optimistis, masyarakat akan merespon positif sistim CAT ini. Sebab, mereka bisa langsung melihat nilainya setelah tes, tanpa menunggu waktu lama.


Sumber: aktualpost.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD