Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 26 Februari 2014

KPU NTT Perintah KPU SBD Terkait Penegasan Penetapan MDT-DT

Juru Bicara KPU Provinsi NTT, Maryanti Luturmas Adoe

Kupang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT telah meneruskan perintah KPU Pusat kepada KPU Sumba Barat Daya (SBD), tentang penegasan penetapan bupati dan wakil bupati SBD sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK), yakni pasangan Markus Dairo Talu-Ndara Tanggu Kaha (MDT-DT). Hal ini diamini Juru Bicara KPU Provinsi NTT, Maryanti Luturmas Adoe, Selasa (25/2). 
Menurut Tanti -sapaan Maryanti- inti dari surat KPU Pusat itu adalah meminta surat penegasan, tentang penetapan bupati SBD sesuai putusan MK. Karena itu, KPU NTT segera bergerak dan telah menindaklanjutinya ke KPU Kabupaten SBD. "Kita terima tadi malam (Senin malam, Red), dan langsung kita tindaklanjuti dengan menyampaikannya ke KPU SBD," ujar Tanti.

Saat ini, KPU Provinsi NTT masih menunggu surat penegasan itu dari KPU SBD. Surat tersebut nantinya akan ditujukan kepada KPU Pusat, melalui KPU Provinsi NTT. "Nanti kita (KPU Provinsi) yang teruskan lagi kepada KPU Pusat, dan Mendagri," tambah Tanti. Komisioner KPU Provinsi NTT dua periode ini mengatakan, dalam surat itu, KPU tak memberi batas waktu. Namun, karena surat itu sifatnya penting, maka KPU segera menindaklanjutinya. KPU NTT pun akan terus melakukan supervisi ke KPU SBD, terkait permintaan KPU Pusat tersebut.

Sebelumnya, komisioner KPU RI, Jury Artianto mengatakan, surat tersebut paling lama satu Minggu ditindaklanjuti. Setelah itu, proses pengesahan SK untuk penetapan MDT-DT oleh Mendagri. "Paling lama satu Minggu sudah selesai. Bisa sebelum pileg, karena ini tidak lama," tandas Jury. Ia juga mengatakan, polemik di SBD harus segera diselesaikan, agar tidak mengganggu pemilu legislatif. Pasalnya, selain SBD, Kabupaten Belu juga dalam masalah sejak 2013 lalu, karena tidak bisa menyelenggarakan pemilukada. "Kan masih ada juga Belu itu, yang tidak jadi pilkada karena bupatinya tidak mau kasi dana. Memang NTT itu sekarang sudah mulai berbeda, dan malah mulai seperti Papua atau Maluku. Padahal, orang-orang NTT sebenarnya dikenal punya intelektual yang lebih baik. Sekarang kok justru banyak masalah. Kalau masalah-masalah begitu terjadi di Papua, kan masih wajar," sindir Jury. (sam/rsy)



Sumber: timorexpress
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD