Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 19 Februari 2014

Dahlan Iskan Sumbang 100 Turbin Angin Untuk Pulau Sumba

Tri Mumpuni, Director of People Centered Economic and Business Institute (Institut Bisnis Kerakyatan/ IBEKA)
Jakarta - Director of People Centered Economic and Business Institute (Institut Bisnis Kerakyatan/ IBEKA), Tri Mumpuni menyatakan, saat ini pihaknya berkonsentrasi buat Turbin pembangkit angin di daerah sumba, yang namanya Iconic Island.
 
“Turbin angin itu adalah hadiah dari pak Dahlan. Dia mengundang 14 inisyur yang ada di Jepang, dimana insiyur tersebut memang canggih. Dulu  saya tidak percaya sama turbin angin, karena banyak angin-angin dan sebagainya,” katanya saat ditemui di acara Nestle Creating Shared Value di Hotel Four Season, Jakarta, Selasa (18/2).

Tri Mumpuni menegaskan, Pak Dahlan Iskan memberikan 100 turbin angin yang bisa dinikmati oleh rakyat, turbin tersebut nantinya dapat menghasilkan energi listrik.

Dari 100 buah turbin yang sudah kita pasang 60, sisanya 40 buah yang belum terpasang, ungkapnya.

“Terpaksa saya nombok, karena duitnya tidak cukup. Padahal sebetulnya kalau Pertamina mau kasih uang sekitar Rp 2-5 miliar untuk rakyat, itu kecil sekali bagi Pertamina,” tuturnya.

Puni sebutannya mengatakan, turbin angin sebanyak 100 buah tersebut yang berkapasitas 50 kilowatt akan dipasang di daerah Sumba.

“Tinggi turbinnya sekitar 4 meter, agar rakyat bisa mengelolanya. Yang paling penting teknologi sehebat apapun  rakyat punya kemampuan untuk merawat turbin tersebut,” ujarnya.

Oleh karena itu, tambahnya, proyek turbin sifatnya berkesinambungan, karena dirinya tidak suka proyek-proyek yang besar-besar dan berasal dari import, sehingga rakyat tidak mengerti apa-apa.

“Harga turbin per unitnya sekitar Rp 7 juta, dan listriknya nanti dapat dinikmati oleh rakyat secara gratis,” pungkasnya.


Sumber: energitoday.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD