Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 21 Februari 2014

Curamor di SBD Masuk Sindikat

Kapolsektif Loura, Kompol Johanis Lapu,
Tambolaka - Kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di Kecamatan Kota Tambolaka dan Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), tergolong tinggi. Pada tahun 2013, ada 7 kasus. Sedangkan tahun ini, per Februari 2014, sudah lima kasus.
 
"Baru dua kasus yang tertangkap. Barang (sepeda motor curian) disembunyi di hutan di Kampung Putami. Setelah mendapat laporan dari masyarakat, polisi turun ke TKP dan mengamankan dua sepeda motor. Pelakunya belum diketahui," ungkap Kapolsektif Loura, Komisaris Polisi (Kompol) Johanis Lapu,
di ruang kerjanya, Selasa (18/2/2014).

Menurut Lapu, curanmor yang barang buktinya sudah diamankan polisi adalah kasus 2014. "Kalau kasus-kasus 2013, semuanya gelap. Barang bukti dan pelakunya belum diketahui," kata Lapu yang saat itu didampingi Kanit Reskrim, Aipda Kadek Harya Parwantu.

Lapu mengatakan, polisi kesulitan mengungkap pelaku curanmor karena ketiadaan saksi. Kalaupun ada yang melihat pencurian, warga takut bersaksi.

"Khawatir setelah pelakunya keluar dari penjara, mereka dicari dan dibuat macam-macam. Menurut saya, sebenarnya itu hanya prasangka jelek warga. Karena selama dipenjara, pelaku dibina menjadi baik sehingga keluar dari penjara sudah tidak jahat lagi," ujar Lapu.

Dia menduga, ada sindikat pencurian sepeda motor, dengan jaringan yang sangat rapi. Polisi sulit mendeteksi keberadaan mereka. "Susah sekali untuk tangkap mereka. Anggota sudah coba mancing. Sering kita umpan juga tapi belum berhasil tangkap. Sepertinya, pelaku sudah mengenal anggota polisi, apalagi jumlah anggota polisi kita sangat terbatas," ujarnya.

Meski demikian, lanjut Lapu, jajaran Polsektif Loura tetap berusaha untuk
mengungkap kasus pencurian sepeda motor. "Paling tidak kita bisa menekan sehingga angka pencurian kendaraan bermotor menurun," katanya.

Untuk menekan kasus curanmor, Lapu mengatakan, pihaknya meningkatkan patroli pada daerah yang rawan curanmor, seperti di Rumah Sakit Caritas. "Selain patroli, ada intel juga yang mengendap di sana untuk terus memantau," ujar Lapu.
Dia mengimbau masyarakat agar lebih waspada. Saat memarkir kendaraan, hendaknya mengunci stir. (aca)



Sumber: kupang.tribunnews.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD