Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 03 Februari 2014

Atraksi Pasola di Sumba Barat Kacau Jadi Arena Perang Batu

Waikabubak - Pagelaran pasola di Lapangan Hobakala, Kecamatan Lamboya Barat, Kabupaten Sumba Barat,  Sabtu (1/2/2014), tidak berlangsung lama. Atraksi pasukan berkuda lengkap dengan lembing itu hanya setengah jam karena berubah menjadi arena perang batu. Pasukan berkuda yang terlibat pasola menyerang satu sama lain. 
Masalahnya sepeleh, seorang lawan terkena lemparan lembing membalasnya dengan melempar batu. Padahal secara budaya kalau terjadi kecelakaan seperti itu sudah menjadi hal lumrah bila terjun dalam medan pertempuran. Polisi beserta Satpol PP  pun berupaya menenangkan kedua kubu. Bahkan Bupati Sumba Barat, Jubilate Pieter Padango, juga turun memberi pengarahan sesaat didaulat rato (tua adat).

Setelah bupati memberikan pengarahan, disepakati pasola dilanjutkan. Kedua kubu yang 'berperang' masuk arena dengan kudanya. Namun 'babak kedua' itu juga tidak berlangsung lama karena kembali terjadi kekacauan. Aparat kepolisian pun bertindak dan membubarkan pasola tersebut.

Sejumlah warga, terutama dari luar Sumba, yang secara khusus ke Sumba Barat menyaksikan pasola tersebut  sangat menyesal karena tidak menyaksikannya sampai selesai. Bagaimana seorang pemuda berkuda dan bersenjatakan lembing menyerang lawannya. "Budaya ini sangat unik dan bagus untuk dilestarikan," ujar Ridwan kesal yang mengaku berasal dari Yogyakarta.

Warga lainnya juga menyayangkan warga Lamboaya tidak menjaga budayanya sendiri tetapi justru mengacaukannya. "Bagaimana meningkatkan budaya, kalau kita sendiri tidak menjaganya. Mestinya sebagai pemilik budaya harus menjaga dan memeliharanya dengan baik agar memuaskan warga yang berkeinginan menyaksikannya," ujar seorang warga.




Sumber: tribunnews
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD