Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 21 Januari 2014

Jangan Lewatkan Pasola Sumba 2014

Festival Pasola atau "perang-perangan" diatas kuda yang merupakan satu-satunya di dunia dapat kembali anda saksikan di Tahun 2014 ini di Pulau Sumba, Propinsi Nusa Tenggara Timur.
 
Ritual tahunan dengan tujuan memohon restu para dewa agar panen berhasil dengan baik ini hanya di gelar di dua kabupaten di Pulau Sumba yaitu Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Barat Daya.

Untuk Kabupaten Sumba Barat, Pasola digelar di tiga tempat yaitu Wanokaka, Lamboya dan Gaura. Sebelum Pasola berlangsung akan diadakan ritual pemanggilan Nyale (cacing laut) jumlah nyale yang muncul dipercaya sebagai pertanda hasil panen selama satu tahun kedepan.

Di Sumba Barat selain ritual Nyale ada juga ritual Pajura. Pajura merupakan tradisi adu tinju yang dilakukan para pemuda, dengan menggunakan alang-alang yang dibebat ke tangan sebagai sarung tinju.

Tidak ada penerangan dalam pertandingan ini. Para pemain hanya mengandalkan temaram cahaya bulan untuk mengawasi gerak gerik lawan. Sebelum pertandingan dimulai, wasit akan memastikan tangan setiap pemain bebas dari benda tajam, sehingga pertandingan bisa berjalan adil.


Sementara itu untuk Kabupaten Sumba Barat Daya, Pasola digelar lima tempat yang berbeda di wilayah Kodi yaitu Homba Kalayo, Bondo Kawango, Rara Winyo, Waiha dan Wainyapu.

Yang unik dari pelaksanaan Pasola di Sumba yaitu tanggal pelaksanaan yang tidak dijadwalkan tetap setiap tahunnya. Hal ini karena secara ada istiadat setempat ada orang yang berhak menentukan tanggal pelaksanaan yaitu Rato Pasola.

Rato Pasola tidak serta merta menetapkan tanggal karena harus bersemedi dengan ritual marapu serta melihat rotasi bulan. Proses ini bisa selesai dalam sehari namun bisa juga hingga seminggu.

Setelah Rato memastikan tanggal pelaksanaan kemudian pemerintah daerah setempat akan mempublikasikan kepada masyarakat luas.

Walaupun prosesnya yang rumit namun sudah bisa dipastikan pelaksanaan Pasola di Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Barat Daya akan berlangsung di bulan Februari dan Maret.

Jika anda sudah berada di Sumba pada bulan Februari atau Maret, sambil menunggu tanggal pelasanaan Pasola ditetapkan Rato anda bisa menikmati berbagai keunikan lain di Pulau Sumba mulai dari budaya hingga alamnya yang eksotik.

Sampai Jumpa di Pulau Sumba pada bulan Februari dan Maret tahun 2014. (snd)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD