Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 19 Januari 2014

IKST Kupang Rayakan Natal dan Tahun Baru Bersama

Kupang - Ikatan Keluarga Sumba Tengah (IKST) Kupang, menggelar perayaan Natal dan Tahun Baru bersama pada Sabtu (18/1) petang di aula UPTD Taman Budaya Kupang. Perayaan yang dihadiri warga sumba tengah baik dari sesepuh hingga kalangan mahasiswa di Kupang, OKP lainnya, serta undangan itu, dimaksudkan untuk memperat tali silaturahmi dan persaudaraan, serta persekutuan di antara keluarga asal Sumba Tengah di Kupang
 
Perayaan Natal dan Tahun Baru bersama kali ini dikemas sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Selain adanya ibadah dengan nuansa budaya yang kental, juga ditampilkan berbagai tarian dan atraksi mewakili 5 kecamatan di Sumba Tengah. Peran ini dimainkan oleh lima OKP asal Sumba Tengah, masing-masing Kompak, KSN, Gemurab, Hipmur, Hipkatas dan Hiparmast.

Ketua panitia perayaan, Andri Santo Umbu Dangu, mengatakan perayaan Natal bertujuan mengajak generasi muda Sumba Tengah untuk melihat jauh kedepan, bahwa tantangan pembangunan tidak hanya diatasi dengan penguasaan Iptek, namun harus dipadankan dengan kemampuan bersosialisasi dan tetap tercermin pada kearifan dan budaya lokal.  “Suguhan perayaan Natal dalam nuansa budaya yang kental. Sementara, kalau tata cara makan pun diatur sesuai budaya dan tradisi Sumba,”jelas Andri.


Dijelaskan, selain perayaan Natal dan Tahun Baru, panitia juga sudah melakukan pelayanan kasih berupa penyerahan bantuan sembako dan keperluan lainnya di Panti Asuhan Kasih Agape Sikumana Kupang. Kegiatan yang digelar, Minggu (5/1), juga dihadiri Sekretaris IKST Kupang, Yulius Tawalas. Penyerahan bantuan dilakukan ketua panitia pelaksana Natal dan tahun baru, Andri Santo Umbu Dangu.

Pengurus IKST pun berbaur dengan anak yatim piatu di panti asuhan tersebut untuk beribadah dan bernyanyi bersama serta disambut hangat pengurus dan penghuni panti asuhan. “Bagi warga Sumba Tengah di Kupang agar bisa menghadiri kegiatan tersebut sehingga terjalin keharmonisan dan silaturahmi antara warga Sumba Tengah di Kupang,”tambah Andri.

Lebih jauh dijelaskan, IKST Kupang merupakan wadah yang menaungi keluarga Sumba Tengah yang tinggal di Kota Kupang dan sekitarnya. IKST menjadi wadah berkumpul dan bersekutu antar sesama masyarakat Sumba Tengah tanpa memandang perbedaan kepercayaan, pendidikan maupun status sosial.

Sejak dibentuk pada tahun 2009 yang lalu dan memiliki pengurus, IKST Kupang banyak menggelar kegiatan kebersamaan antar keluarga Sumba Tengah di Kupang. Selain kelompok arisan sebagai salah satu wadah pertemuan bulanan, IKST pun setiap tahun mengagendakan perayaan Natal dan Paskah.

“Perayaan natal lebih ditekankan pada ibadah di dalam gedung, sementara perayaan Paskah lebih mengutamakan lakon dalam bentuk drama diluar gedung dan banyak digelar di pantai dalam bentuk ibadah pantai,”pungkas Andri,

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD