Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 15 November 2013

IBEKA Siap Pasang 100 Turbin di Sumba

Jakarta - Hingga kini masih saja ada wilayah di Indonesia yang belum teraliri listrik. Namun ada niat baik dari Menteri Dahlan Iskan yang telah menghadiahi kepada Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (Ibeka) sebanyak 100 buah turbin angin yang kapasitas satu turbinya sekitar 500 wattpeak untuk dipasang di daerah Sumba.
 
Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Ceo IBEKA, Tri Mumpuni saat ditemui di acara Iconic Sumba Island di Hotel Salak, Bogor, Senin (11/12).

“Sekarang kami baru pasang 20, nanti 20 lagi, an terus bertahap,” ujarnya.

Tri menjelaskan, kenapa kita harus yakin kalau itu memberikan manfaat. Alhamdulillah penelitiannya kan 2 tahun sekarang sudah dalam tahap memasang, saat ini sudah enam bulan dan sudah memberikan manfaat untuk rakyat di Sumba.

“Anda bisa bayangkan, ini menteri BUMN sampai harus turun tangan memberikan kepada yang dia yakin bahwa kalau yang pasang secara social kamu siapkan, saya berani,” tuturnya.

Jadi ini seharusnya kan tugas kita semua dan tugas siapa pun. Jadi yang saya harapkan itu ya memang paling berat menyiapkan rakyat untuk mengerti masalah pemasangan turbin, ungkapnya.

“Kalau buta huruf disuruh ngerti mesin, tapi kalau kita dengan hati memberikan pengetahuan, mereka pasti bisa. Persoalannya mau gak sih kita berdarah-darah, bercapek-capek berkeringet memberitahu kepada rakyat bahwa ini keutungan untuk bersama,” cetusnya.

Untuk satu turbin, lanjutnya, harganya Rp 7 juta, termurah di dunia karena yang membuat karya rakyat Indonesia.

"Yang membuat ya rakyat Indonesia, insiyur-insiyur dari Indonesia, produk Indonesia. Walaupun dia bekerja di sebuah company besar di Jepang. Tapi dia punya hati, kalau ini untuk rakyatku. Saya tidak mau membuat teknologi itu mahal," katanya.

Tri menegaskan, harga jual listriknya lebih murah dr PLN, Karena sesuai dengan iuran masyarakat.


Sumber: energitoday.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD