Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 31 Oktober 2013

Di Sumba Timur Lomba pacuan kuda Sumba diikuti 709 kuda

Waingapu -Pacuan Kuda Tradisional Sumba memperebutkan piala Bupati Sumba Timur,yang dilangsungkan di Lapangan Rihi Eti, Kelurahan Prailu, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur,NTT, diikuti oleh 709 ekor kuda.
Banyaknya jumlah kuda pacu yang ambil bagian dalam event yang diagendakan setiap tahun itu dinilai layak untuk   dicatat sebagai rekor oleh Museum Rekor Indonesia (Muri).

Penilaian itu dikemukakan oleh Umbu S.Samapaty, mantan ketua Persatuan Olah Raga Berkuda Seluruh Indonesia(Pordasi) pusat, kala ditemui di tribun penonton pacuan kuda di Rihi Eti, Jumat (25/10) siang tadi.

Samapaty memaparkan, jika panitia pelaksanaan pacuan kuda ini sebelum pelaksanaan event ini berkoordinasi dengan MURI, bukan mustahil akan tercatat sebagai rekor Indonesia atau bahkan dunia.

"Saya ini mantan ketua Pordasi pusat.Sepanjang pengetahuan dan pengalaman saya yang berkesimpung dalam dunia pacua kuda hingga sempat menjabat ketua Pordasi pusat, aya paham betul soal pacuan kuda, tidak pernah ada pacuan yang kuda pesertanya sebanyak ini yang sampai 709 ekor kuda, ini saja sudah rekor tersendiri,"papar Samapaty.

Tak hanya jumlah kuda pesertanya yang fantastis, Samapaty juga menyebutkan, durasi waktu pelaksanaan juga rekor tersendiri."Karena banyak kuda yang ikut, tentu juga makan waktu lama. Yang pernah saya tahu, paling banyak kuda peserta ditempat lain 200 hingga 300 ekor.Paling lama pula pelaksanaannya seminggu.Ada pula keunikan lainnya, yakni rute atau jalur yang ditempuh yang berlawanan arah jarum jam,"pungkasnya.

Harapan yang sama juga dikemukakan oleh sejumlah penonton yang ditemui di tribun penonton.

"Dalam setahun minimal ada tiga kali digelar lomba pacuan kuda. Hendaknya dalam setiap pelaksanaannya ada yang berbeda,seperti jumlah hadiah yang meningkat juga sudah layak kayaknya panitia mengundang MURI, karena memang setiap pelaksanaannya selalu lebih dari 300 peserta, apalagi kalau kategori open,"harap Umbu, salah satu pemilik kuda pacu, mewakili pendapat senada sejumlah penonton dan pemilik kuda pacu.


Sumber: Sindonews
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD