Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 07 September 2013

Surga Privasi di NIHIWATU Sumba Barat

Pantai Nihiwatu, Sumba Barat, NTT
Pantai Nihiwatu, mungkin tidak banyak yang mendengar nama pantai itu. Tapi siapa sangka, pantai yang tidak terlalu banyak terekspos itu menjadi berada di posisi ke-17 dari 100 pantai terbaik di dunia (100 World”s Best Beaches) dan satu-satunya pantai di Indonesia yang terpilih menjadi pantai terbaik di Asia. 
 
Nihiwatu berada di wilayah Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan menjadi salah satu tujuan para Surfer dunia untuk mencoba keganasan ombak pantai tersebut. Maka tidak heran jika pelancong yang datang banyak berasal dari luar negeri.
 

Sayangnya, untuk bisa menikmati keindahan dan kedasyatan ombak Nihiwatu tidak sembarang orang bisa melakukan bahkan untuk orang Sumba sendiri. Sebuah resort yang dibangun tepat menghadap laut Nihiwatu, diklaim sebagai pemilik pantai yang berhak menentukan siapa saja yang boleh menjajal pantai tersebut. Pantai Nihiwatu memang menjadi pantai privat bagi kalangan tertentu.

Punya pantai di negeri sendiri tapi tidak bebas dikunjungi. Kedengarannya memang sedikit aneh. Tapi itulah kenyataan yang berlaku untuk Pantai Nihiwatu. Pantai berpasir putih sepanjang 2,5 km ini merupakan satu dari sepuluh pantai terbaik di Asia.
 

Terletak di arah 30 km dari Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur, Pantai Nihiwatu dikelola oleh sebuah resort internasional bernama Resort Nihiwatu. Tidak semua orang bisa bebas memasuki lokasi pantai ini karna penjagaan yag ketat . Hanya tamu Resort Nihiwatu saja yang diperbolehkan. Jika ingin menikmati keindahan Pantai Nihiwatu, tentunya harus memesan kamar untuk menginap di Resort Nihiwatu terlebih dahulu.

Bangunan resort ini terdari dari villa-villa yang menghadap ke laut, bungalow dengan 3 kamar tidur besar yang dibangun di atas bukit yang dilengkapi dengan kolam pribadi yang menghadap ke Samudera Hindia.

Begitu pula dengan restorannya pun dibangun menghadap ke arah pantai dengan model bangunan terbuka. Arsitektur dan ornamen bangunan yang ada di resort ini merupakan gabungan dari tradisional dan modern. Resort ini memang menawarkan keindahan laut dengan keeksotisan budaya Pulau Sumba.

Untuk bisa menikmati fasilitas tersebut harus merogoh kocek cukup dalam memang. Tarif untuk menginap di Resort Nihiwatu dipatok sekitar Rp 5 juta per malam. Itupun dengan minimum menginap selama 5 malam. Harga yang cukup wow untuk menikmati keindahan Pantai Nihiwatu. karna privasinya yang terjaga beberapa selebriti dunia pernah menginap disini seperti  Rolling Stones hingga Pink dan suaminya Carey Hart, bahkan bintang film THOR Chris hemsworth memilih Nihiwatu sebagai tempat menikah bersama istrinya Elsa Pataky

Selain menikmati keindahan laut dan keeksotisan budayanya, banyak para tamu resort ini yang berselancar di Pantai Nihiwatu. Tidak semua peselancar bisa berselancar bersamaan dalam satu waktu. Di tempat ini hanya dibatasi maksimal 10 peselancar yang berada di pantai demi menjaga keamanan dan keselamatan mereka. Jika sudah ada 10 peselancar di pantai, peselancar lainnya harus menunggu giliran.

Memang, saat menunggu giliran, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti memancing, snorkeling, diving atau berperahu ke daerah teluk
 
Ombak Nihiwatu yang menjadi surga para surfer
Tempat ini menjadi surga untuk para pencinta surfing karena keindahan ombaknya yang mempesona. Selain itu di pantai ini kita dapat melakukan aktivitas lain seperti tur berperahu ke teluk-teluk Pantai Konda Maloba, sekitar satu jam ke selatan. Saat gelombang sedang surut, staf resort akan mengantar Anda ke desa-desa sekitar, sehingga Anda bisa berbincang dengan penduduk sekitar dan membeli suvenir indah.

Akses ke Nihiwatu
Dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar kita bisa terbang ke Bandara Tambolaka menggunakan Aviastar, Transnusa, Wings Air atau Merpati. Dari bandara Tambolaka bisa menyewa mobil untuk melanjutkan perjalanan menuju Pantai Nihiwatu dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Tarif sewa mobilnya sekitar Rp. 300.000 - 400.000.
Comments
6 Comments

6 komentar:

Anonim mengatakan...

sungguh indah pantai ini, namun mengapa demikian aturan dilarang mengunjungi pantai ini jika bukan tamu resort Nihiwatu? Apakah owner dari resort memiliki seluruh tanah di pantai tersebut? Kalaupun iya, apakah mereka juga memiliki pasir dan air di sekitar pantai? Dimana pasal yang menyebutkan hal tersebut di dalam hukum Indonesia? Terlebih jika pemiliknya orang asing, bukannya orang asing tidak boleh membeli properti di Indonesia? Di Bali saja, masyarakat tetap boleh menikmati pantai meskipun terdapat resort2 di pinggir pantai. Masyarakat setempat harus inisiatif mempertanyakan hal tersebut ke Presiden Terpilih Jokowidodo setelah beliau dilantik nanti..

Anonim mengatakan...

Baru tau klo pantai nihiwatu tidak bisa dikunjungi oleh semua orang.... kalaupun pemilik modal memiliki hak atas properti di darat, tp klo masalah laut dan pasirx saya pikir semua orang indonesia punya hak menikmatinya dengan bebas. kalaupun harus membayar retribusi maka kepada pemerintahlah kita membayar. ini adalah sesuatu yang perlu di perjuangkan.

Anonim mengatakan...

Jika pantainya bebas untuk dikunjungingi orang saya pikir akan banyak wisatawan yang datang, dan hal itu akan memberikan dampak yang baik buat orang sumba dengan sendirinya. tugas buat bupati sumba barat nie. (Gailar Umbu)

Anonim mengatakan...

pernah ke Sumba belum? di Sumba ada banyak pantai yang sebenarnya ga kalah bagus dari Pantai nihiwatu.. hanya saja disana yang jadi nilai tambah ya resort tersebut,, di sekitar resort masih ada pantai-pantai lain juga kok..

yudo bintang mengatakan...

Disatu sisi sayang bgt tdk bisa bebas dikunjungi, tapi disisi lain bagusnya adalah keindahan alamnya terjaga dari tangan2 pengrusak

Tau sendiri anak Indonesia ngaku traveller, pas di lokasi buang sampah seenaknya, pasti beda cerita lagi kalau pantainya dibebasin

Dan resort ini terbaik / no.1 didunia
http://travel.kompas.com/read/2016/07/07/142503627/wow.hotel.terbaik.dunia.ada.di.indonesia

yudo bintang mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD