Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 12 September 2013

7 desa adat direvitalisasi, 3 dari SBD

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan merevitalisasi tujuh desa adat. Revitalisasi ini karena desa adat sebagai pelestari kearifan lokal.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbud, Kacung Mardijan mengatakan, tujuh desa adat yang dimaksud ialah Kesatuan Adat Banten Kidul Kasepuhan Sinar Resmi, Sukabumi, Jawa Barat.

Bantuan senilai Rp500 juta ini untuk renovasi rumah adat (imah gede). Serta bangunan pendukungnya seperti kamar mandi dan perbaikan lingkungan. “Total revitalisasi tujuh desa adat kami anggarkan sekira Rp3,5 miliar,” katanya saat Rapat Kerja (Raker) Komisi X DPR dan Kemendikbud, di Gedung DPR,  Senayan, Jakarta Selatan, Senin 9 September 2013.

Kacung melanjutkan, desa adat kedua ialah Kelompok Pelestari Desa Adat Malapi Pabiring, Jalan Lintas Timur, Dusun Pabiring, Desa Malapi, Kecamatan Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar).

"Kemendikbud menganggarkan Rp500 juta untuk membangun rumah panjang. Desa adat ketiga yakni Kerukunan Keluarga Tongkonan Bamba, Dusun Baliu, Lembang Tadongkonan, Kecamatan Kesu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan," ungkapnya.

Dia menjelaskan, di desa adat ketiga ini, Kemendikbud memberikan kucuran dana Rp500 juta revitalisasi, ditujukan untuk membangun Tongkonan dan perbaikan lingkungan desa adat. Selain itu dana Rp500 juta diberikan ke Desa adat keempat ialah Komunitas Masyarakat Bondo Kodi, Desa Dinjo, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sedangkan dengan dana yang sama, juga diberikan ke Komunitas Masyarakat Adat Wailala Wainyapu, Kecamatan Kodi Balaghar, Sumba Barat Daya, NTT. “Masing-masing Rp500 juta juga kami berikan untuk membangun rumah adat di Rate Nggaro, NTT dan Waerebo, NTT,” ujarnya.


Sumber: sindonews
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD