Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 19 Agustus 2013

Umbu Motto dan Ndara Tanggu Hadiri Sidang Perdana di MK

Jakarta - Sidang sengketa pilkada Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) dengan nomor perkara : 103/PHPU.D-XI/2013 Digelar siang 19/08 tadi.

Sidang dengan agenda acara pemeriksaan pendahuluan ini dipimpin oleh ketua sidang M.Akil Mochtar dengan anggota Anwsr Usman dan Maria Farida Indiriat. Sidang yang dimulai pukul 11.39 WIB tersebut dihadiri pihak pemohon Daud Lende Umbu Motto dengan kuasa hukum Sirra Prayuna, Badrul Munir, Ace Kurnia dan Tanda Perdamaian Nasution.


Sementara itu dari pihak Komisi  Pemilihan Umum Daerah (KPUD) SBD hadir Ketua KPU SBD, Yohanes Bili Kii dan Anggota KPU SBD Marinus Bulota Bilya. dengan didampingi kuasa hukum Antonius Ali , Andi Mulyadi Mustafa dan Mumahad Din Toabutun.

Dari pihak terkait hadir Dara Tanggu Kaha yang ditemani kuasa hukum Misbahudin Gasma, Heru Widodo, Samsudin, Robinson, Kristian Masiku dan Kamal Aziz

Sidang diawali dengan penyampaian pokok-pokok permohonan dari pemohon yang disampaikan kuasa hukum pemohon Sirra Prayuna. "Pertama bahwa kami tentu keberatan terhadap Berita Acara Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara versi Pemohon yang disampaikan pada tanggal 10 Agustus 2013, dimana berdasarkan keputusan KPU bahwa perolehan suara masing-masing pasangan calon, Pasangan Calon Nomor Urut 1=10.179. Nomor Urut 2=79.498 suara, sedangkan Nomor Urut 3=81.543 suara. Bahwa di dalam permohonan kami, kami fokus pada dua wilayah yaitu Wewewa Tengah dan Wewewa Barat. Berdasarkan, hasil rekapitulasi penghitungan suara model C-1 versi Pemohon, sesungguhnya perolehan suara pada Pemilukada di Kabupaten Sumba Barat Daya untuk Pasangan Nomor Urut 1=10.748 suara, sementara untuk Pasangan Nomor Urut 2=80.351 suara, sedangkan Nomor Urut 3=68.904 suara. Jadi terjadi selisih antara penghitungan Pemohon menurut form C-1 dan Model DB, yaitu ada selisih untuk Pasangan Nomor Urut 1 minus 569, kemudian Pasangan Nomor Urut 2 minus 853, sementara Pasangan Nomor Urut 3 itu ada penambahan sekitar 12.639 suara." Kata Sirra

 

Selain itu, penambahan itu juga kita bisa lihat di beberapa tingkat penghitungan suara. Pertama adalah ada penambahan Pasangan Nomor Urut 3 di Wewewa Tengah itu 11.417 suara yang kami format di dalam permohonan kami. Kemudian juga terjadi penambahan untuk Pasangan Nomor Urut 3 di Kecamatan Wewewa Barat sebesar, sebanyak 1.222 suara pada saat rekapitulasi tingkat kabupaten dan Model DB-1 dengan komposisi suara menurut versi KPU telah kami jabarkan di dalam permohonan kami. Selanjutnya terjadi juga ada temuan kami bahwa terjadi pengurangan suara milik Pemohon yang terjadi di Wewewa Tengah itu sebanyak 497 suara, itu terjadi pada rekapitulasi tingkat kabupaten Model DB-1. Kemudian juga di beberapa TPS juga bisa kita lihat pengurangan ada di Wewewa Barat, itu berdasarkan Model DB-1 sebanyak 356 suara. Nah, bahwa kesalahan-kesalahan dan perubahan ini tentu kami sampaikan berdasarkan bukti-bukti C-1 kami, Model D-1, DA, dan DB." Demikian disampaikan Sirra

Berdasarkan hal tersebut, pihak pemohon meminta kepada Majelis Hakim untuk menerima dan mengabulkan permohonan Pemohon untuk seluruhnya.

Ketua Sidang M.Akil Mochtar kemudian menunda sidang karena pihak kuasa hukum KPU SBD dan kuasa Hukum MDT-DT meminta waktu. Sidang ditunda hingga 21 Agustus 2013 pukul 14.30 WIB untuk mendengar Jawaban Termohon, tanggapan Pihak Terkait dan bukti saksi dari Pemohon ya.


Sumber: Risalah sidang
Comments
1 Comments

1 komentar:

kaka mengatakan...

yang penting khan data-datanya sesuai fakta, dan mekanisme gak ada yg dilanggar, ya semua pihak harus iklas menerima keputusan MK, kalah atau menang, harus Gentlement, biar MK yg menentukan atau menetapkan hasil yg sesungguhnya valid, tanpa memihak di pihak2 tertentu. Semoga SBD dipimpin oeh pemimpin yang merakyat dan selalu berjuang demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat, bukan untuk memperkaya diri atau melakukan sesuatu layaknya preman jalanan. Setiap hasil harus disikapi secara cerdas dan kepala dingin, tidak dengan cara-cara kekerasan, yang pada akhirnya merugikan rakyat SBD sendiri. Kalau para calon tidak bisa meredam massa nya, lebih baik jangan jadi pemimpin.

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD