Member Of

Member Of

Like Untuk Bergabung

Minggu, 18 Agustus 2013

Tongu Watu Dari Sumba Tampil di Pawai Budaya Nusantara 2013

Kontingen NTT di Pawai Budaya Nusantara 2013
Jakarta - Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dimeriahkan dengan Pawai Budaya Nusantara 2013 di Jakarta, pada Minggu, 18 Agustus 2013.

Pawai bertema “Budaya Pemersatu Bangsa”, Pawai Budaya Indonesia 2013 ini diikuti lebih dari 4.000 seniman dari semua provinsi di Tanah Air. Masing-masing provinsi menampilkan kekayaan seni dan budayanya

Kontingen Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di Pawai Budaya Nusantara 2013 menampilkan tarian Tongu Watu yang menceritakan tentang ritual budaya penarikan batu kubur di Sumba. 

Ketua rombongan Dra Yohanna Lingu Lango yang dihubungi Moripanet Online via ponsel mengatakan kontingen dari Provinsi NTT berjumlah 40 orang, sudah termasuk sepasang muda mudi yang menggunakan pakaian adat pengantin Sumba Barat yang kami bawa langsung dari Sumba.

Kontingen NTT dalam balutan busana adat Sumba

ditanya mengenai alasan pemilihan tarian Sumba di Pawai Budaya Nusantara 2013 ini, Yohana yang juga Kepala UPT Taman Budaya Daerah NTT tersebut menjelaskan NTT yang terdiri dari berbagai pulau dan suku ini harus secara bergilir kita tampilkan. Setelah tahun sebelumnya Timor dan Flores, tahun ini giliran Sumba. "Tarian likurai dari Timor - Belu sudah pernah kita tampilkan, juga tarian hegong dari Flores- Sikka. Tahun ini kita tampilkan Sumba" ujar Yohana.

Tahun ini Provinsi NTT mendapat no urut 3 dalam barisan peserta Pawai Budaya Nusantara 2013, Tarian Tongu Watu ditampilkan di depan Presiden SBY beserta Istri dan Wakil Presiden serta tamu VVIP lainnya selama 2,50 menit.

Pawai Budaya Nusantara 2013 dilaksanakan di Monumen Nasional, mulai pukul 14.30 WIB hingga 17.00 WIB. Rute pawai, dari Monas masuk ke Istana Merdeka kemudian ke Balai Kota Jakarta lalu kembali ke Monas. (snd)



Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD