Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 22 Agustus 2013

Pameran Pembangunan Di Waikabubak Hadirkan Suasana Kampung Adat

Stand Pameran Pembangunan di Kab. Sumba Barat, NTT
Pemerintah Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur akan menggelar pameran pembangunan di Lapangan Mandaelu, Waikabubak, mulai 22 Agustus 2013.


Pameran yang menampilkan potensi masyarakat setempat itu digelar dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke- 68 juga dalam rangka Sail Komodo yang menyinggahi Kabupaten Sumba Barat. Sebelum pameran berlangsung, hari yang sama akan digelar karnaval di Kota Waikabubak.

Yang menarik dari pameran pembangunan kali ini adalah stand-stand dari berbagai perserta yang unik karena menghadirkan suasana perkampungan adat Sumba.


Pantauan Moripanet Online, Seluruh stand menggunakan atap dari alang dan dinding serta lantai dari bambu dan berbentuk rumah pangung seperti layaknya rumah asli orang sumba. Bahkan di stand milik dinas pariwisata Kabupaten Sumba Barat menambahkan "kangali" sebutan untuk pagar pemisah lahan warga lokal sumba yang terdiri dari batuan yang disusun rapi.

Dody seorang PNS yang sedang mengerjakan salah satu stand di arena pameran pembangunan mengatakan suasana pameran kali ini sangat berbeda seperti kita berada di kampung sendiri bahkan ritual adat juga dijalankan saat membangun stand. " Waktu mau menaikan atap alang banyak stand yang potong babi karena adat kita orang Sumba kalau naikan atap alang harus ada proses adat jadi dari pada pemali (pelanggaran adat) lebih baik kita buat sekalian proses adat" ujar Dodi.



Pameran pembangunan di Kabupaten Sumba Barat akan dibuka oleh Bupati Sumba Barat Jubilate Pieter Pandango, S.Pd, M.Si dan saat pembukaan akan dimeriahkan dengan tarian massal yang akan dibawakan oleh ratusan siswa di Sumba Barat. Pameran pembangunan ini rencananya akan berlangsung selama 20 hari. (snd)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD