Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 29 Agustus 2013

MK Tolak Gugatan KONCO Ole Ate

Markus Dairo Talu, SH dan Ndara Tanggu Kaha (MDT-DT)
JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan gugatan sengketa pilkada Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD)  yang diajukan pasangan dr. Kornelius Kodi Mete dan Drs. Daud Lende Umbu Moto (Pasangan Calon Nomor Urut 2) . Dengan demikian, pasangan Markus Dairo Talu, SH-Drs Ndara Tanggu Kaha (MDT-DT) tetap dinyatakan sebagai pemenang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat Daya periode 2013-2018.

"Menyatakan menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Hakim Ketua Akil Mochtar membacakan surat putusan di gedung MK, Jakarta, Kamis (29/8).

Majelis hakim berpendapat, Mahkamah tidak terdapat kesalahan atau kekeliruan dalam rekapitulasi perolehan suara Pemilukada Kabupaten Sumba Barat Daya Tahun2013 yang secara signifikan mempengaruhi perolehan suara dan peringkat perolehan suara masing-masing pasangan calon peserta Pemilukada Kabupaten Sumba Barat Daya Tahun 2013.

Hakim MK juga berpendapat bahwa, Mahkamah tidak menemukan buktibukti lebih lanjut yang dapat memberikan keyakinan akan kebenaran dalil Pemohon mengenai kekeliruan penghitungan suara dan/atau pengubahan perolehan suara masing-masing pasangan calon di Desa Menne Ate, Desa Kalembu Weri, dan Desa Marokota, Kecamatan Wewewa Barat. Dengan demikian menurut Mahkamah dalil Pemohon mengenai perubahan dan/atau kekeliruan rekapitulasi perolehan suara untuk Kecamatan Wewewa Barat harus dinyatakan tidak terbukti menurut hukum.

Dugaan  dalil adanya perbedaan perolehan suara dimaksud, bukti berupa dokumen dan keterangan saksi yang diajukan Pemohon telah dibantah oleh buktidokumen dan keterangan saksi yang diajukan Pihak Terkait.

Dengan dikeluarkannya Keputusan Mahkamah Konstitusi RI  Nomor Perkara:103/PHPU.D-XI/2013
tentang perselisihan hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Sumba Barat Daya, maka Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumba Barat Daya Nomor 45/kpts/KPU-Kab.180.964761/2013 yang menetapkan pasangan Markus Dairo Talu, SH-Drs Ndara Tanggu Kaha bertanggal 10 Agustus 2013 tetap berlaku.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD