Blogger Themes

Jumat, 23 Agustus 2013

KPU Sumba Barat Daya Sanggah Perubahan Suara Hasil Pilkada

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Barat Daya (Kab. SBD) menyatakan, tidak benar KPU SBD melakukan pengurangan atau penambahan suara yang diperoleh Pemohon ataupun Pihak Terkait. Hal ini disampaikan Ali Antonius, Kuasa Hukum Termohon menanggapi gugatan Kornelius Kodi Mete dan Daud Lende Umbu Moto (Pasangan Nomor Urut 2) pada sidang perkara perselisihan hasil Pilkada Kab. SBD2013 di ruang sidang Mahkamah Konstitusi, Jakarta (21/7).

“Rekapitulasi telah sesuai dengan mekanisme tata cara perhitungan yang diatur oleh ketentuan undang-undang. Rekapitulasi yang dilakukan Termohon berdasarkan data dari DA1-KWK.KPU dan berdasarkan data dari DA1-KWK.KPU cocok datanya,” kata Ali.

Ali menambahkan, setelah selesai rekapitulasi baru muncul keberatan dari Pihak Pemohon, ada perbedaan jumlah dalam data yang termuat dalam C1-KWK dengan yang termuat di dalam DA1-KWK dan DB1-KWK. “Perbedaan itu baru diketahui, baru dicek oleh Pihak Termohon setelah terjadinya rapat rekapitulasi,” ujarnya.

Dari data-data C1-KWK yang diberikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) kepada KPU Sumba Barat Daya sesuai dengan yang diajukan Pihak Pemohon. Namun Termohon belum dapat melakukan pemerikasaan lebih lanjut karena memang sudah selesai rekapitulasinya dan dalam keadaan dan kondisi yang tidak memungkinkan.

Pihak KPU Sumba Barat Daya dalam persidangan ini juga memohon kepada Mahkamah Konstitusi untuk memutuskan tiga hal. Pertama, menetapkan komposisi perolehan suara dari masing-masing paslon. Kedua, menetapkan paslon terpilih. Ketiga, memerintahkan Termohon untuk melaksanakan Amar PutusanMahkamah Konstitusi. [Rizki]


Sumber: rumahpemilu
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD