Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 23 Agustus 2013

Berkas Pilkada Sumba Barat Daya Masih di Polres

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) tidak bisa memastikan perbedaan jumlah rekapitulasi yang diajukan Kornelius Kodi Mete dan Daud Lende Umbu Moto (Pasangan Nomor Urut 2). Hal ini dikarenakan data-data yang berkaitan masih berada di Polres. Ini disampaikan Kuasa Hukum Termohon di sidang penyelesaian sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi, Jakarta (21/7).

 
KPU SBD menanggapi gugatan Pemohon pada sidang perkara perselisihan hasil Pilkada SBD 2013. “Karena situasi dan kondisinya sangat tidak kondusif waktuitu, maka dari Pihak Polres Sumba Barat (Daya) mengamankan semua data-data terkait. Termasuk di dalamnya data C-1, D-1, DA-1, dan juga data C-2 Plano,” kata Alidi.

Ali melanjutkan, sampai saat ini data-data tersebut masih di Polres. KPU SBD sudah meminta data-data itu, tetapi tidak diberikan pihak Kapolres.

“Ketika kami mengajukan permohonan itu, pihak Kapolres mengatakan bahwa untuk bisa keluarkan data itu harus atas persetujuan dari semua pihak. Baik Pemohon, Termohon, Terkait, maupun pihak Panwas. Dan untuk kondisi sekarang, untuk bisa terlaksana hal seperti itu cukup sulit,” ujarnya.

Maka Ia memohon bantuan dari Mahkamah Konstitusi agar dokumen-dokumen terkait diminta untuk dibawa ke depan persidangan. Terkait hal tersebut, Ketua Hakim Konstitusi Akil Mochtar menyayangkan sikap Polres yang tidak mengembalikan dokumen tersebut. Dokumen tersebut bukanlah barang sitaan, melainkan barang yang diamankan.

“Ini hukum di republik ini lain provinsi, lain kabupaten, lain lagi kelakuannya. Kalau memang itu barang sitaan ya sitaan. Kalau pengamanan ya diamankan. Ini semuanya berbeda-beda,” ujarnya. [Rizki]

Sumber: rumahpemilu
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD