Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 23 Agustus 2013

Berkas Pilkada SBD Diamankan Polres Sumba Barat Setelah Rekapitulasi

 
Pengamanan berkas Pilkada Sumba Barat Daya oleh Polres dilakukan setelah rekapitulasi suara tingkat kabupaten selesai. Hal ini disampaikan Petrus B. Walu, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten SBD yang berkedudukan sebagai saksi termohon dalam sidang perselisihan hasil sidang perselisihan hasil Pilkada Kabupaten Sumba Barat Daya (Kab. SBD) 2013 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta (22/8).

Petrus menceritakan, saat penandatanganan Berita Acara dengan lampiran DB-1, Saksi pasangan nomor urut 2 menghadap saya meminta Berita Acara tersebut. Ia kemudian meminta yang bersangkutan menandatangani tanda terima.

“Namun tidak mau tanda tangan. Akhirnya kesepakatan pak ketua dengan anggota sebelah kanan saya pada saat itu dia bilang jangan diberikan. Sepakat kami tidak berikan dokumen tersebut,” ujar Petrus.

Petrus melanjutkan, prosesnya saat itu terjadi ribut-ribut dari pasangan calon nomor urut 2 di mana wakil calon dari pasangan nomor urut 2 juga hadir. “Setelah selesai penandatanganan Berita Acara, masuklah tim sukses pasangan calon, termasuk wakilnya, dia mengatakan soal pengangkapan. “Tangkap saja itu penyelenggara! Pada saat itu, Kapolres berdiri dia bilang aman,” kata Petrus.

Namun pada saat itu ruangan agak gaduh. Akhirnya Kapolres meminta untuk mengamankan dokumen dengan meminta kepada ketiga pasangan calon saksi, sama KPU, panwas. Di forum itu mereka setuju untuk diamankan. Baru pada tanggal 19 KPU disurati Kapolres untuk menghadap dengan dasar rekomendasi panwas.

“Oleh polres atas rekomendasi dari panwas. Pada saat menghadap juga sampai saat ini rekomendasi itu saya tidak peroleh. Saya menghargai surat dari polres. Saya tetap menghadap bersama tiga anggota KPU semua memberikan keterangan,” kata Petrus. [Rizki]


Sumber: rumahpemilu.org
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD