Member Of

Member Of

Like Untuk Bergabung

Rabu, 24 Juli 2013

Ketua Kopdit Benza Raih Penghargaan dari SBY

Drs.Petrus Umbu
Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Benza, Petrus Umbu meraih penghargaan Tokoh Bakti Koperasi dan UMKM dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 12 Juli lalu di Mataram, NTB.
Penghargaan ini diberikan dalam rangka menyambut Hari Koperasi RI, 12 Juli 2013. Kementrian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia  selalu memberikan penghargaan kepada tokoh yang berjasa mengembangkan koperasi di daerah baik di lingkup pemerintah maupun dari gerakan koperasi non pemerintah.

Penghargaan ini ditetapkan melalui Keputusan Menteri (KEPMEN) KUKM Nomor: 29/KEP/M.KUKM/V/2013

Petrus Umbu kepada VN, Kamis, (18/7) mengatakan ia sudah berkecimpung di koperasi sejak tahun 1989 sampai sekarang. Petrus telah membina ratusan koperasi dan menjadi penggagas pendirian koperasi di berbagai daerah.

Petrus yang juga merupakan Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin)Wilayah NTT menjelaskan Kopdit Benza yang berarti berkat ini didirikan tanggal 14 April 2002 di Kupang oleh 28 anggota yang berasal dari kelompok arisan Fernandez Lawai di Kupang.

Hingga Juni 2013, jumlah anggota Kopdit Benza berjumlah 368 orang yang tersebar di Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya dan Kabupaten Ende. Salah satu perbedaan Kopdit Benza dengan koperasi lainnya yakni setiap anggota diwajibkan mengikuti 3 program utama yang ada di Kopdit Benza yakni Program Simpan Pinjam, Program Dana Duka, dan Program Arisan.  Tiga program ini dijalankan melalui sistem arisan setiap bulan yang dibagi dalam tiga tempat pelayan koperasi (TPK) yakni 2 TPK di Kota Kupang dan 1 TPK di Kabupaten Sumba Barat Daya. Sedangkan pelayan untuk kabupaten Ende dan Kabupaten Sumba Timur langsung dilayani oleh TPK Kota Kupang karena Jumlah anggotanya belum memenuhi syarat untuk mendirikan TPK.

Petrus berharap Kopdit Benza semakin berkembang pesat dan menjaga kualitas manajemen dana agar bermanfaat bagi anggota. Ia menambahkan akan terus berkomitmen memajukan koperasi di Kota Kupang dan di NTT pada umumny lewat peran dan tanggung jawabnya terutama memberi perhatian bagi Koperasi Unit Desa (KUD) yang mulai dilupakan oleh pemerintah dan perlu mendapatkan bimbingan dalam rangka revitalisasi KUD baik dari segi permodalan dan manajemen KUD melalui kesadaran anggota. (Verly R. Yaku)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD