Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 18 Juli 2013

Industri Rumput Laut di Sumba Timur

Rumput Laut
JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkomitmen untuk terus meningkatkan pengembangan program industrialisasi sektor KP, di antaranya komoditas rumput laut. Untuk itu, KKP kembali membangun pabrik pengolahan rumput laut PT Algae Sumba Timur Lestari (ASTIL) di Tanamanang, Pahunga Lodu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

 
Dirjen Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto mengatakan, pembangunan pabrik ASTIL di Sumba Timur sangat tepat. Pabrik pengolahan rumput laut ini sangat penting keberadaannya untuk menampung hasil budidaya rumput laut yang ada di sekitar Sumba Timur khususnya maupun Nusa Tenggara Timur pada umumnya. Pendirian ASTIL secara langsung sangat menguntungkan masyarakat, apalagi karena faktor jarak sehingga mampu mengurangi biaya tarnsportasi.

"Pabrik ini dapat memproduksi chips rumput laut sebanyak 2 ton per haridari bahan baku 6 ton per hari. Kapasitas produksinya akan terus ditingkatkan hingga 10 ton per hari. Pada 2012, pabrik ini telah memproduksi chips rumput laut sebanyak 124 ribu kilogram (kg) dan dipasarkan ke bebrapa perusahaan dalam negeri," kata dia dalam siaran persnya di Jakarta, pekan lalu.

Sumba Timur dipilih karena merupakan salah satu kawasan percontohan minapolitan komoditas rumput laut. Produksi rumput laut di NTT pada 2012 sebesar 389 ribu ton. Dari jumlah tersebut, 1.393,8 ton  berasal dari Sumba Timur. Pada 2013, KKP telah menetapkan industrialisasi rumput laut di enam provinsi, yakni Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara. Akselerasi peningkatan produksi rumput laut melalui program industrialisasi 2013, ditargetkan mampu menghasilkan rumput laut yang diolah sebanyak 1.214.299 ton.


Sumber: INVESTOR DAILY Tanggal 15 Juli 2013 Hal.7
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD