Blogger Themes

Sabtu, 27 Juli 2013

Harga kedelai di NTT tembus Rp10 ribu/kg

Waingapu - Harga kedelai di kota waingapu, kabupaten Sumba Timur, NTT terus merangkak naik. Jika beberapa hari lalu harganya Rp7.500  perkilogram, kini harga kedelai melonjak hingga Rp10 ribu perkilogram.


Naiknya harga kedelai sebagai bahan baku tempe dan tahu itu berdampak pada dikuranginya jam kerja karyawan pada sejumlah tempat usaha kerajinan tahu dan tempe di kota Waingapu.

Tak hanya itu, kelangsungan hidup usaha ini bahkan terancam gulung tikar, jika tidak ada intervensi pemerintah menstabilkan harga kedelai. Pengusaha merugi, juga para pekerja akan kehilangan mata pencahariannya.

“Kalau memang harga kedelai terus menanjak ya terpaksa kita kurangi produksi dan mungkin saja karyawan dirumahkan hingga harga stabil kembali,” ungkap Sumarno, salah seorang pengusaha tahu-tempe di Waingapu, Rabu (25/7/2012).

Menyiasati kenaikan harga ini, selain mengurangi volume produksi dan jam kerja, para pengrajin juga melakukan modifikasi ukuran tahu menjadi lebih kecil.

Kerajinan tempe dan tahu di kota Waingapu sejatinya memang baru berkembang dua tahun  terakhir ini. Namun kontribusinya sebagai alternatif peningkatan gizi masyarakat juga penyediaan lapangan kerja sangat membantu perkembangan ekonomi kota Waingapu.

Satu tempat usaha bisa memperkerjakan minimal 10 hingga 20 orang tenaga kerja. Jika dirumahkan atau bahkan gulung tikar, dengan sendirinya angka pengangguran kembali meningkat.(gpr)



Sumber: Sindonews
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD