Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 05 Juni 2013

UNIKNYA BAHASA SUMBA

Suku Sumba berada di Pulau Sumba yang menduduki wilayah Kabupaten Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah dan Sumba Timur. Sebagai suku yang berdiam di Nusa Tenggara Timur yang masuk ke dalam gugusan Austronesia, suku Sumba memiliki bahasa daerah yang masuk ke dalam rumpun bahasa Austronesia. 


Dalam perkembangannya bahasa daerah membentuk beberapa logat atau dialek. Bahasa Sumba mempunyai suatu ciri karakteristik, yaitu bersifat setngah vocal. Hanya sebagian dari erbendaharaan kata yang akar katanya merupakan huruf mati. 

Dengan huruf-huruf, /h/, /k/, /l/, /ng/, /r/, /s/, /t/. semua akar kata yang berhuruf matu itu berubah mnjadi huruf hidup dengan tambahan aksara /u/, /0/, dan /a/.  lafal dalam  logat Sumba Barat Daya ialah /o/,  lafal dalam logat Sumba Tengah /a/ dan lafal dalam logat Sumba Timur /u/.

Berikut contoh lafal dari berbagai daerah di Sumba
Sumba Barat Daya            Sumba Tengah Sumba Timur Arti
Logat Kodi Logat Mamboro Logat Kambera Bahasa Indonesia
bandolo lepeto
pato
banjala lapita
pata
bijalu lapitu
patu
jalan gunung melipat
empat

Logat Sumba Barat dan Sumba Barat Daya yang paling populer dalam arti bahwa logat itu dapat dipahami, dimengerti oleh sebagian terbesar penduduk yang menghuni berbagai daerah Sumba Barat dan Sumba Barat Daya ialah logat wewewa, Loura, Loli dan Tana Righu. 

Tetapi hal tersebut tidak berarti bahwa di seluruh daerah Sumba Barat dan Sumba Barat Daya hanya terdapat sebuah logat saja. Di Sumba Barat Daya terdapat  logat lokal. Yaitu, logat kodi. Di Sumba Barat logat lamboya, logat wanokaka. sedangkan di Sumba Tengah terdapat logat Anakalang dan Mamboro.

Adapun logat Sumba Timur yang paling populer ialah logat Kambera. Malah logat Kambera ini juga dipahami, dimengerti oleh sebagian penduduk Sumba Tengah dan Sumba Barat. Logat Kambera dipahami dan dimengerti oleh penduduk daerah Anaklang dan Wanokaka.

Daerah di mana penduduk dapt memahami, mengeri logat Wewewa dan logat Kambera bahkan dapat secara aktif mengucapkan kedua logat itu ialah penduduk daerah Ponduk.

Lafal logat Kambera, sebagain besar tidak mengenal palatal, yaitu aksara /nj/, /j/, /ny/. Aksara /s/ dalam logat Kambera diucapkan sebagai aksara /h/. contoh kata kabisu diucapkan [kabihu]. Dalam loga Mamboro, logat Loli, logat Anakalang, dan logat Lamboya, aksara /s/ tidak berubah dalam ucapan. Dalam loga Wewewa, logat Laora, aksara /s/ diucapkan sebagai aksara /z/. Tapi logat Kodi mengucapkan aksara /s/ menjadi /h/ seperti halnya dalam ucapan logat Kambera. Bahasa Sumba tidak mengenal kelamin kata dan juga tidak mengenal kelas kata.

Berikut perbedaan logat masing-masing daerah
Sumba Barat Daya                            Sumba Tengah Sumba Timur Arti
Logat Kodi Logat Wawewa Logat Anakalang Logat Kambera
Huhu Kabihu susu kabisu zuzu kabizu huhu kabihu susu kelompok kekerabatn (clan)
Hubungan sejarah Sumba di masa lampau dengan sendirinya memperkaya perbendaharaan kata-kata bahasa Sumba. Bahasa-bahasa Nusantara yang banyak memperkaya perbendaharaan kata-kata bahasa Sumba, antara lain bahasa-bahasa Sulawesi, Makassar-Bugis, bahasa Jawa dan bahasa melayu yang lebih tua bila dilihat dari hubungan sejarahnya, masih terus hidup dalam bahasa Sumba.

Sumber  Rujukan:
Soelarto, B. Pustaka Budaya Sumba. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Comments
3 Comments

3 komentar:

Fakta Unik mengatakan...

Sangat unik, ternyata banyak logat, beda tapi mirip ya :)

Hendriadi mengatakan...

Apakah sudah pernah disusun kamus bahasa Sumba? Jangan sampai kekayaan bahasa daerah yang ada di Sumba hilang seiring dengan berjalannya waktu.

Unknown mengatakan...

Memang sumba itu sangat unik

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD