Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 18 Juni 2013

Undana SBD Tandatangani MoU PJJ

Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang membuka Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD). Rencana pembukaan PJJ tersebut telah disepakati antara Undana dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumab Barat Daya dan telah dilakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama kedua lembaga.


Rektor Undana Kupang Prof Frans Umbu Datta di Lantai II gedung Rektorat saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU), Kamis (13/6) mengatakan,  PJJ dilakukan atas dasar masih rendahnya mutu pendidikan yang ada di SBD. Banyak anak yang harus memasuki pendidikan tinggi tidak menikmati pendidikan tinggi yang bermutu.

Selain itu, banyak anak-anak SBD dan Sumba pada umumnya yang kuliah di luar Sumba. Keterbatasan sarana pendidikan tinggi yang ada di Sumba menyebabkan hanya sedikit orang saja yang kuliah.

Ketua LP3M Paul Isliko mengatakan, dengan adanya PJJ diharapkan dapat meningkatkan perluasan akses pendidikan dengan karakteristik peserta didik mandiri dengan memanfaatkan segala media belajar sehingga memudahkan penguasaan materi. Walau demikian, tatap muka dengan dosen  tetap dilakukan yang dibagi dalam tiga tahap, yakni 50 persen selama semester I -V, 30 persen untuk semester VI-VII, dan 20 Persen untuk proses konsultasi dan bimbingan skripsi. Sedangkan ujiannya dilakukan  secara online.

Dengan demikian, semua mahasiswa akan dijamin lulus  dengan ijazah yang dapat dipertanggungjawabkan.

Jika PJJ dilakukan, akan menghemat anggaran bagi orangtua yang menyekolahkan anaknya di luar daerah. Sebab, biaya yang dipakai untuk menyekolahkan anaknya tidak akan hilang begitu saja, tapi akan kembali ke daerah sehingga masuk dalam PAD dan dikembalikan kepada masyarakat.

Bupati SBD, Kornelius Kodi Mete sangat setuju dengan PJJ demi kemajuan SBD. Menurutnya, akan sangat baik jika PJJ yang berada di bawah naungan Undana hadir dan mengubah mutu pendidikan yang ada di SBD. “Saya akan mendukung penuh SJJ ini di SBD dan saya akan menyediakan segala sesuatu untuk menyukseskan PJJ ini,” tegasnya.


Sumber: victorynews
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD