Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 04 Juni 2013

Safari Kesetiakawanan Akan Singgahi Sumba Timur

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono pada Selasa melepas keberangkatan kapal Safari Bhakti Kesetiakawanan Sosial (SBKS) ke beberapa pulau terluar.


"Ini merupakan wujud komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan warga di pulau-pulau terluar," kata Agung pada upacara pelepasan di Komando Lintas Laut Militer Tanjung Priok, Jakarta.


SBKS ke pulau terpencil di bagian Indonesia Timur dengan mengunakan KRI Banjarmasin buatan 2010 milik TNI AL.

Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri mengatakan, safari dilakukan mengingat letak geografis Indonesia yang terdiri atas kepulauan menyebabkan penanganan kemiskinan terkendala lantaran minim dan mahalnya sarana transportasi.

"Permasalahan kesejahteraan sosial tak hanya terjadi di perkotaan saja tetapi di pulau-pulau khususnya pulau terluar yang tidak kalah banyaknya. Terlebih, Indonesia dengan 17.588 pulau, warga butuh perhatian pemerintah," kata Mensos

SBKS, kata Salim, akan menyambangi penduduk di 7 pulau yakni Waingapu, Pulau Solor, Pulau Wetar, Ambon, Palua Haruku, Fakfak, dan Makassar selama 24 hari pada 4-28 Juni 2013.

"Penetapan wilayah-wilayah sasaran safari itu atas kajian tim peneliti, TNI AL, dan Pemerintah Daerah yang didukung unsur masyarakat, kaum profesional, organisasi sosial dan TNI-Polri," jelas dia.

Salim menambahkan, Safari ini digelar agar permasalahan kesejahteraan sosial tertangani, masyarakat berketahanan sosial, masyarakat kuat secara ekonomi, serta Pemerintah Daerah peduli kesejahteraan sosial.

"Kita berharap kegiatan ini mendorong Indonesia Sejahtera ketika instrumen negara berjalan baik dan berpihak pada rakyat untuk menyelesaikan berbagai masalah kesejahteraan sosial," urai menteri asal PKS tersebut.

Sejumlah acara akan digelar dalam safari ini, seperti pembekalan kewirausahaan, pelayanan kesehatan, pemberian kaki palsu, bedah rumah dan pendidikan. Berdasarkan evaluasi Kemensos, banyak penyandang masalah kesejahteraan sosial terjadi di Indonesia,

"Seperti ditemukannya kasus pemasungan, perdagangan anak, usia lanjut terlantar, pendapatan keluarga di bawah rata-rata serta kecacatan ditelantarkan," pungkas Salim.

Sekitar 300 relawan dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, dunia usaha, organisasi sosial, dan organisiasi kepemudaan


Ikut hadir dalam upacara pelepasan itu Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Syamsul Ma`arif dan Staf Khusus Presiden Felix Wanggai.




Sumber : Antara
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD