Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 12 Juni 2013

Perbuatan Bupati SBD Jadi Bukti Gugatan Esthon

Dugaan mobilisasi kades oleh Bupati SBD, Kornelius Kodi Mete, untuk memenangkan Frans Lebu Raya-Beny Litelnoni (Frenly) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTT putaran kedua,  23 Mei 2013, akan dijadikan bukti gugatan yang diajukan pasangan Esthon Foenay dan Paul Talo (Esthon-Paul) kepada Mahkamah Konstitusi (MK).


Demikian disampaikan salah satu kuasa hukum Paket Esthon-Paul, Philipus Fernandes, saat dihubungi Pos Kupang, Minggu (9/6/2013). "Apa yang dilakukan Bupati Sumba Barat Daya menjadi salah satu alat bukti dalam gugatan Esthon-Paul ke MK. Jelas sekali dalam bukti itu bupati mengerahkan kekuatan dengan memobilisasi para kepala desa untuk memenangkan paket tertentu," kata Philipus.

Selain bukti pelanggaran di Sumba Barat Daya, demikian Philipus, bukti pelanggaran lainnya video dugaan money politic atau politik uang di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dan  video dugaan pelanggaran di Kabupaten Flores Timur (Flotim), di mana seorang pemilih mencoblos lebih dari 10 kali.

"Ini sebagian kecil bukti pelanggaran yang ada, nanti dalam persidangan di MK akan dibuka semua. Memang obyek sengketa yang diajukan tentang penetapan pleno calon terpilih oleh KPU NTT. Tetapi kami lampirkan 18 surat bukti dan video rekaman dugaan pelanggaran di Sumba Barat Daya, Flotim dan TTS," papar Philipus.

Ia menjelaskan, tim kuasa hukum Paket Esthon-Paul dari NTT, bersama tim kuasa hukum di Jakarta dipimpin Yusril Ihza Mahendra, ingin menyakinkan MK bahwa pelanggaran yang dilakukan dalam pilgub putaran kedua sangat sistematis, terstruktur dan masif.  "Pola seperti itu hanya bisa dilakukan pihak-pihak yang memiliki dana yang sangat kuat," ujarnya.

Philipus yakin gugatan pasangan Esthon-Paul akan menang karena pengalaman pelanggaran pilkada di Propinsi Gorontalo beberapa waktu lalu, sama dengan pelanggaran yang terjadi di NTT. "Kami merasa yakin apa yang diputuskan majelis hakim di MK dalam kasus pilkada di Gorontalo akan terjadi untuk NTT. Kami yakin menang kali ini," kata Philipus.




Sumber : Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD