Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 08 Juni 2013

Menelusuri Sejarah Sumba (Versi III)

Kisah mengenai nenek moyang orang Sumba yang diceritakan turun temurun secara lisan ada beberapa versi  berikut Versi asal usul sumba menurut Umbu Tay Mina seorang rato(=pimpinan adat, setingkat Empu). 


Versi ini menceritakan bahwa “Ina-Ama Pakawurung” yang artinya “Sang Khalik” menciptakan sepasang pria dan wanita. Pasangan ini ditempatkan disuatu tempat bernama “Kandau nai-Kabundu tana Mulungu” yang berarti “Hutan tua-bukit kiamat”. Hutan tua-bukit kiamat bukanlah tanah Sumba namun suatu alam yang merupakan bagian dari “tana-watu manangu” yang artinya “tanah dan batu keselamatan/Surga”. 

Setelah pasangan tersebut melahirkan 8 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan , akhirnya Sang Khalik memerintah mereka turun ke dunia. Mereka turun dengan melalui “pitu ndani awang-walu ndawa tana” yang berarti “tujuh bentangan langit-delapan lapis bumi”. 

Setelah melewati pitu ndani awang-walu ndawa tana akhirnya mereka sampai di tempat yang bernama “malaka tana bara” yang menurut ahli-ahli antropologi dan etnologi adalah semenanjung Malaya atau Malaysia. Mereka menetap di tempat tersebut dan mereka beranak cucu di tempat tersebut. 

Setelah beberapa masa kemudian, mereka telah memenuhi Malaka Tana Bara. Mereka pun mengirim Elang dan Kabut kepada Sang Khalik untuk memberitahu hal tersebut dan Sang khalik mengirimkan tanah dan batu dari surga dengan pesan agar mereka menyiram tanah dan batu surga itu ke laut. 

Mendengar pesan tersebut maka merekapun bersama menyiram batu dan tanah surga itu ke laut. Maka munculah dari laut berbagai pulau yang besar dan kecil. Kemudian menyebarlah semua anak cucu dari “pasangan manusia pertama ” itu, diantaranya menyebar ke pulau kecil di tenggara Malaka Tana Bara yakni Pulau Sumba.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD