Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 08 Juni 2013

100 Turbin Angin Diharapkan Tingkatkan Elektrifikasi Sumba

Jakarta - Direktur Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (Ibeka) Tri Mumpuni mengatakan pembangunan 100 turbin angin di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, diharapkan akan meningkatkan tingkat ketersediaan listrik di kawasan itu.


"Proyek pengadaan 100 turbin masih ''assessment'' (kajian, Red.) di sejumlah daerah di Sumba Timur," kata Tri

Di tiga lokasi yang dipilih, menurut dia, akan dibangun sebanyak 100 turbin angin, yakni 20 unit di Kamanggi, 27 unit di Kalihi dan 48 unit di Tana Rara Maubokul dengan kekuatan masing-masing turbin sebesar 500 watt.

"Jadi totalnya sekitar 50 kilowatt dengan asumsi biaya sekitar 500 dolar AS," kata dia.

Tri juga menuturkan kelompok inisiatif yang mengembangkan proyek bersama organisasi asal Belanda, Hivos, telah melakukan survey untuk mencari lokasi potensial penempatan turbin.

Kendala yang kerap dihadapi saat menentukan lokasi yang potensial, menurut dia, biasanya terjadi saat mereka menemukan potensi angin yang bagus masih tetapi jauh dari permukiman penduduk sehingga mereka
akhirnya beralih ke tempat lain.

"Ada yang bagus potensinya, tapi tidak ada penduduknya, itu kan sebuah kendala," katanya.

Tri mengatakan sejak dikembangkan sebagai wilayah penggunaan energi terbarukan pada 2011 lalu, Pulau Sumba telah memanfaatkan sejumlah sumber energi seperti panas bumi, mikro-hidro, biomassa, hingga tenaga surya.

Dengan bantuan lembaga swadaya masyarakat dan sejumlah pihak lain, Ibeka telah membangun satu unit pembangkit listrik mikro tenaga air berukuran 37 kilowatt per jam untuk memberikan penerangan ke 100 rumah tangga dan dua industri rumah tangga di Desa Kemanggih, Sumba Timur.

"Tahun 1999 kita pake Solar Photovotaic (Solat PV) untuk angkat air. Yang kerja angkat air itu rata-rata ibu-ibu dan dalam sehari mereka menghabiskan sekitar tujuh jam untuk mengangkut air. Begitu kita pasang teknologi, mereka bisa mengerjakan kegitan produktif lain seperti membuat tikar, sehingga waktu mereka lebih bermanfaat," jelasnya.

Direktur Bioenergi Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) KESDM Dadan Kusdiana mengatakan progres pengembangan energi terbarukan di Sumba sepanjang 2012 cukup baik.

"Visi kami Sumba menggunakan 100 persen energi baru dan terbarukan sebelum 2025. Saat ini telah berjalan dan akan terus dimaksimalkan," ujarnya.

Dadan mengatakan hingga 2012 sejumlah pihak terus mengucurkan bantuan untuk mendukung program penggunaan 100 persen energi terbarukan. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), lanjut dia, telah mengalirkan sekitar 500 kilowatt listrik tenaga surya.

"KESDM pada tahun lalu juga telah membangun PLTS (Pembangkit Liistrik Tenaga Surya) sebesar 15 kilowatt, 50 unit reaktor biogas dan 1.600 tungku hemat energi," ujarnya. (*/jno)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD